Meta Bikin AI MyoSuite yang Bisa Bantu Dokter Kembangkan Keilmuan Prostetik : Okezone techno

JAKARTA Meta sepertinya telah sibuk dalam beberapa bulan terakhir guna menemukan cara untuk membuat AI dan penerjemah mesin yang lebih baik.

Diolah dari Engadget, Rabu (25/5/2022), seakrang tim divisi AI perusahaan telah melahirkan teknologi yang membangun simulasi muskulosketetal (tulang, sendi, otot) realistis yang lebih fleksibel dari prostetik canggih.

Prostetik sendiri, merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara pemeriksaan, hingga pembuatan alat ganti anggota gerak tubuh yang hilang.

Menurut CEO Meta, Mark Zuckerberg, perusahaan bisa melatih model muskulosketetal realistis ini untuk melakukan hal-hal seperti memutar pena atau objek lainnya.

Saat ini, Meta melihat kegunaan platform AI dalam dua cara berbeda. Pada awalnya, perusahaan hanya berfokus untuk pengembangan metaverse.

Zuckerberg menyarankan, AI baru yang dinamai MyoSuite ini dapat membantu perusahaan mengembangkan avatar yang lebih realistis untuk aplikasi seperti Horizon Worlds.

Kegunaan lain yang lebih menarik adalah para peneliti memanfaatkan MyoSuite untuk mengembangkan keilmuan prostetik, serta teknik bedah dan rehabilitasi.

Oleh karenanya, Meta mengatakan pihaknya berencana untuk membuat model tersebut menjadi open-source.

Meta bukanlah perusahaan pertama yang berpikir untuk menggunakan AI dalam meningkatkan keilmuan prostetik.

Kembali pada 2019 silam, sebuh tim peneliti independen menciptakan sistem pembelajaran mesin yang memungkinkan mereka dengan cepat menyetel lutut robotik ke pasien individu.

Pada tahun yang sama, Intel meluncurkan deep-learning chip “neuromorfik” yang menurut perusahaan akan membuat kaki palsu lebih efisien.

Baca Juga :  Jangan Salah Pilih, Ini Teknologi Layar Laptop Terbaik Buat Pecinta Film : Okezone techno