Menemukan Aplikasi Scam di Mac App Store, Pengembang Ditujukan di Rusia: Okezone techno

JAKARTA – Toko aplikasi apel, Mac App Store, tampaknya tidak sepenuhnya aman. Menurut laporan tahun 2021 oleh The Washington Post, sekitar 2 persen dari 1.000 aplikasi terlaris di sana mengandung penipuan.

Diolah dari Engadget, Senin (18/4/2022), kini pengembang aplikasi bernama Kosta Eleftheriou kembali menemukan keanehan di Mac App Store.

Dijelaskannya, jika ada aplikasi bernama My Metronome di Mac App Store yang menyimpan pop-up, sehingga sulit untuk keluar. Inilah yang dimaksud dengan aplikasi scam.

Dalam postingan di media sosial Twitter, Eleftheriou mengatakan bahwa pop-up ini menampilkan pesan untuk bisa keluar dari aplikasi harus membayar biaya berlangganan.

Eleftheriou juga mengaku sebelumnya telah mengidentifikasi sejumlah aplikasi scam untuk iOS yang berhasil lolos proses review Apple.

“Saya tidak berpikir ini mungkin: Aplikasi App Store ini segera meminta Anda uang dan kemudian *menonaktifkan* opsi “Keluar” sehingga Anda tidak akan pernah bisa menutupnya! Dan sudah seperti itu di App Store selama bertahun-tahun!” dia tweeted.

Pengembang Mac dan iOS, Jeff Johnson, melakukan penyelidikan terhadap aplikasi My Metronome. Ia pun berhasil menemukan fakta menarik.

Menurutnya, pengembang di balik aplikasi My Metronome tersebut berada di Rusia. Pengembang My Metronome berbagi alamat yang sama dengan aplikasi Music Paradise dan Groove Vibes.

Tidak jelas berapa banyak korban dan berapa banyak kerusakan yang akan ditimbulkan oleh aplikasi My Metronom. Namun, sebuah laporan dari The Post mengatakan aplikasi penipuan memainkan peran utama dalam menyebabkan kerugian materi yang luar biasa.

Dikatakan, pada tahun 2021, aplikasi scam tersebut menimbulkan kerugian sebesar US$48 juta atau sekitar Rp. 689 miliar.

Baca juga: TeraBox Mendukung Pengunggahan Jarak Jauh!

Baca Juga :  Fitur Baru Google, Data Pribadi Bisa Dihapus, Simak Caranya : Okezone techno

(amj)