Seorang Hacker Berhasil Mencuri Ethereum Hingga Rp8,4 Triliun! : Okezone techno

JAKARTA – Kasus serangan dunia maya yang lebih masif, terbaru membuat para pelakunya mendadak kaya karena berhasil membobol 173.600 Ethereum atau setara dengan Rp. 8,4 triliun.

Diadaptasi dari Engadget, Jumat (1/4/2022), kasus ini diungkap Motherboard. Dikatakan bahwa para peretas melakukan pencurian dari blockchain Ronin yang mendukung Axie Infinity, permainan “bermain untuk menghasilkan” yang populer.

Para pelaku dilaporkan mengeksploitasi backdoor di node Remote Procedure Call dari pengembang Axie Infinity Sky Mavis yang memungkinkan mereka memalsukan penarikan palsu menggunakan kunci pribadi yang disusupi.

Sky sendiri mengakui ada cacat pada sistem keamanan yang merupakan sisa dari musim gugur lalu. Perusahaan juga meminta bantuan Axie DAO (organisasi otonom terdesentralisasi) untuk menyelesaikan masalah ini.

Sky juga menanggapi serangan itu dengan menghentikan jembatan Ronin untuk mencegah serangan itu terjadi lagi. Dan untuk sementara, Sky juga menonaktifkan pertukaran terdesentralisasi Katana.

Upaya ini dilakukan untuk meminimalkan kerusakan jangka pendek dengan meningkatkan ambang batas yang diperlukan untuk validasi, tetapi juga dikatakan di tengah migrasi node yang akan meninggalkan sistem lama.

Saat ini, Sky sedang bekerja keras untuk melacak Ethereum yang dicuri dengan bantuan Chainalysis, dan menghubungi tim keamanan di bursa crypto “utama”. Namun sampai saat ini belum ada update mengenai Ethereum.

Pencurian cryptocurrency besar-besaran ini telah menambah kekhawatiran yang ada untuk Sky. Perhatikan bahwa motherboard Axie Infinity telah mengalami penurunan nilai NFT dan tokennya dalam beberapa bulan terakhir.

Kejadian seperti itu dapat dengan mudah memperburuk keadaan dengan tidak hanya menguras dana permainan yang sangat dibutuhkan, tetapi juga menggoyahkan kepercayaan diri pemain.

(amj)

Baca Juga :  Fenomena Langit Ungu di Toa Payoh Singapura, Ini Penjelasan Ilmiahnya : Okezone techno