Sejarah Perkembangan Teknologi Mouse hingga Tak Butuh Kabel Lagi : Okezone techno

JAKARTA – Tetikus atau dikenal dengan istilah mouse diciptakan oleh salah satu tokoh teknologi dunia, yaitu William Kirk English yang akrab disebut sebagai Bill.

Dalam penemuannya, ia tidak sendiri, melainkan bersama Douglas Englebart di Stanford Research Institue, sebuah lab penelitian di California Utara yang kini lebih dikenal SRI International.

Bill bergabung dengan Stanford Research Institue setelah meninggalkan karir di Angkatan Laut pada tahun 1950-an.

Pada saat itu, ia bertemu dengan Douglas yang menjadi otak di balik pembuatan mouse komputer. Ketika hanya sedikit insinyur yang memahami konsep milik Douglas, Bill menjadi orang yang cukup paham dan sabar untuk mewujudkannya.

Douglas pertama kali membuat konsep tetikus berupa sketsa kasar pada notepad miliknya, yang mana Bill membangun secara fisik konsep tersebut pada tahun 1960-an.

Tetikus pertama dibuat dalam sebuah kesing kecil yang terbuat dari kayu dan dilengkapi dua mekanisme listrik potensiometer.

Mekanisme ini, bertugas untuk melacak pergerakan dua roda kecil saat bergerak melintasi desktop. Dengan pergerakan ini – yang seolah mengejar suatu perangkat – pada akhirnya diberi nama “mouse”.

Kini, seiring perkembangan zaman, teknologi pun semakin maju. Misalnya, pada perangkat elektronik, sangat terlihat perubahannya yang menyesuaikan kemajuan teknologi.

Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang juga terus mengalami perubahan. Wujudnya pun berbagai macam, dari layar, keyboard, maupun mouse.

Perubahan bentuk mouse juga sangat menarik. Ada beberapa jenis mouse yang pernah diciptakan sepanjang terciptanya perangkat komputer.

Berikut ini, jenis-jenis mouse yang pernah digunakan di dunia, mengutip dari Instagram resmi Kementerian Komunikasi dari Informatika (Kominfo), Selasa (10/5/2022).

Bus Mouse

Baca Juga :  Ilmuwan Ungkap Diet Bagian Cara Hidup Sehat Seusai Ajuran Rasulullah : Okezone techno

Mouse yang dapat terkoneksi melalui bus dan terintegrasi pada ISA add-in card.

Serial Mouse

Mouse jenis ini digunakan pada komputer di era pentium 1 sampai pentium 3, yang memiliki sembilan di ujungnya dan disambungkan di bagian belakang motherboard.

PS/2 Mouse

Mouse tahun 80-an dan booming di tahun 1987 ini menggunakan konektor berupa 6-pin mini din yang dimasukkan dengan konetor berwarna hijau.

Mechanical Mouse

Mouse yang memiliki bola di bagian bawah ini sempat populer pada 2008-an. Mouse ini mengharuskan penggunanya menggunakan mouse pad senagai alasnya.

Optomechanical Mouse

Mouse jenis ini memiliki komponen yang mirip dengan bola, namun memiliki sensor sinar untuk mengoperasikan posisi pointer.

Optical Mouse

Mouse ini sudah tidak menggunakan komponen bola lagi dan bisa digunakan tanpa memerlukan mouse pad.

USB Mouse

Mouse jenis ini banyak digunakan hingga sekarang. Bagian ujung kabelnya memakai port USB.

Wireless Mouse

Mouse terbaru ini sudah tidak memerlukan kabel lagi melainkan menggunakan wireless. Penggunaannya memanfaatkan sinyal melalui wireless yang diterima receiver device pada chip USB.