Sejarah Perkembangan Gunting yang Sudah Ada Sejak 4 Ribu Tahun Lalu : Okezone techno

JAKARTAGunting menjadi salah satu alat yang melekat dengan kehidupan manusia. Pasalnya, gunting mempermudah memotong sesuatu.

Dengan gunting, bisa juga membentuk bahan-bahan lembut menjadi sesuai keinginan. Lalu kini gunting kerap dipakai di dapur, salah satunya untuk memotong daging.

Gunting tentu memiliki sejarah hingga menjadi peralatan yang selalu dipakai oleh manusia. Siapakah penemu alat yang dipakai banyak manusia di seluruh dunia ini?

Dikutip dari Wonderopolis, Rabu (25/5/2022), banyak orang keliru memberi penghargaan kepada Leonardo da Vinci karena menemukan gunting.

Meski Da Vinci brilian, gunting rupanya sudah lama ada sebelum dirinya. Beberapa sejarawan percaya bahwa gunting ditemukan di Timur Tengah pada 3.000 hingga 4.000 tahun lalu.

Misalnya, sejarawan percaya orang Mesir kuno menciptakan alat seperti gunting sekira 1.500 sebelum masehi.

Perangkat terdiri dari dua pisau perunggu yang dihubungkan oleh mekanisme seperti pegas yang membuat bilah-bilah itu terpisah sampai mereka terjepit bersama.

Sepasang gunting lebih seperti gunting modern saat ini dengan desain silang atau diputar dikembangkan oleh orang Romawi kuno sekira tahun 100 masehi.

Orang Romawi mungkin membuat gunting mereka dari perunggu atau besi.

Pivot, gunting silang dibuat dengan tangan selama ratusan tahun. Sebenarnya, mereka tidak diproduksi secara massal sampai 1761 ketika pabrikan Inggris Robert Hinchliffe mengadaptasi desainnya, sehingga bisa diproduksi di pabrik. Hinchliffe juga yang pertama membuat gunting dari baja.

Saat ini ada berbagai jenis gunting dengan tujuan tertentu. Misalnya, gunting dengan panjang lebih dari 6 inci. Gunting panjang dengan pisau keras telah dikembangkan untuk memotong logam.

Gunting anak-anak, memiliki bilah kusam dan tip yang bulat untuk memastikan penggunaannya aman di lingkungan sekolah.

Baca Juga :  Dyson Pamerkan Ponsel yang Bisa Jadi Masker, Lengkap dengan Teknologi Penjernih Udara : Okezone techno

Gunting kuku, dikembangkan khusus untuk memotong kuku tangan dan kuku kaki.

Kemudian, ada gunting khusus yang dipakai oleh penata rambut. Dan terakhir, ada gunting yang dipakai oleh penjahit untuk membantunya menjahit pakaian.