Prediksi liar Elon Musk tentang masa depan, beberapa menjadi kenyataan : Okezone techno

JAKARTAElon Musk dikenal tidak malu untuk memprediksi masa depan. Pendiri Tesla dan SpaceX, telah membuat banyak prediksi dan beberapa di antaranya menjadi kenyataan.

Dilansir dari Fortune, Selasa (12/4/2022), ada empat contoh prediksi Elon Musk yang sempat menggemparkan dunia maya, mulai dari isu teknologi kecerdasan buatan (AI) hingga wisata luar angkasa.

Berikut adalah empat prediksi liar Elon Musk tentang masa depan, beberapa di antaranya menjadi kenyataan.

1. Bahaya Kecerdasan Buatan

Musk memperkirakan pada tahun 2014 bahwa AI bisa berubah menjadi berbahaya, memperingatkan sektor teknologi untuk “sangat berhati-hati” dalam mengembangkan AI, menyebutnya sebagai “ancaman eksistensial terbesar kami.”

Pada tahun yang sama, ia menggunakan Twitter untuk memprediksi bahwa AI juga bisa lebih berbahaya daripada nuklir. Dia mengatakan bahwa umat manusia memiliki waktu antara 5 dan 10 tahun sampai sesuatu yang berbahaya terjadi.

Delapan tahun setelah prediksi ini dibuat, umat manusia tampaknya menyukai kecerdasan buatan. Namun, sekarang para ahli mendukung teori pengambilalihan AI, prediksi ini masih bisa menjadi kenyataan.

2. Manusia Bisa Tidur Saat Mengemudi

Musk memperkirakan bahwa pada 2019, mobil self-driving akan cukup andal bagi orang untuk tidur di belakang kemudi. Prediksi ini pun menjadi perbincangan hangat.

Namun, seperti diketahui hingga saat ini, inovasi tersebut belum sepenuhnya menjadi kenyataan. Teknologi kemampuan kemudi otonom memang sudah ada, namun pengemudi harus tetap terjaga untuk mengawasi perjalanan.

3. Tesla akan lebih besar dari Apple

Dalam sebuah tweet tahun lalu, Musk meramalkan bahwa Tesla akan lebih besar dari Apple. Hal itu disampaikannya saat membalas cuitan seorang warganet.

“Saya pikir ada peluang >0% Tesla bisa menjadi perusahaan terbesar,” tweet Musk. Sejauh ini prediksi tersebut belum terbukti, meski harga saham Telsa terpantau terus meningkat.

Baca Juga :  Daftar 10 Aplikasi Pembersih RAM Ponsel Supaya Kinerja Makin Cepat : Okezone techno

4. Wisata luar angkasa akan menjadi hal yang lumrah

Musk percaya bahwa ada peluang di luar angkasa. Tahun lalu, pada Konferensi Kode 2021, dia berkata, “Tujuan saya bukan untuk mengirim diri saya sendiri. Tujuan saya adalah membuka ruang bagi umat manusia … dan menjadi spesies multiplanet.”

Prediksi ini tepat sasaran. Pada 2023, SpaceX akan meluncurkan miliarder Jepang Yusaku Maezawa ke luar angkasa. Pada tahun 2021, miliarder Jepang itu membuka undangan kepada publik untuk mengisi delapan kursi dan menemaninya dalam perjalanan keliling bulan.

(amj)