Penumpang Sipil Pertama Berhasil Mendarat di Stasiun Luar Angkasa : Okezone techno

JAKARTASpaceX Dilaporkan berhasil membawa penumpang sipil pertama yang mendarat di Stasiun Luar Angkasa (ISS), penerbangan ini menggunakan kapsul Dragon milik perusahaan besutan Elon Musk.

Diolah dari Engadget, Senin (11/4/2022), para kru berangkat dari Kennedy Space Center di Florida pada Jumat (8/4) pagi tanpa mengalami kendala berarti.

Konon perjalanan dari Bumi ke ISS memakan waktu sekitar 20 jam.

Ada masalah yang ditemui, ketika kapsul Dragon hendak berlabuh di ISS. Perutean dalam video tidak berjalan mulus, menyebabkan kapsul harus menunggu 20 meter dari ISS selama 45 menit sebelum masalah teratasi.

Penumpang sipil pertama yang pergi ke luar angkasa termasuk komandan dan mantan astronot NASA Michael López-Alegría, pengusaha Larry Connor, Eytan Stibbe dan Mark Pathy.

Mereka semua dikatakan menghabiskan delapan hari di ISS.

Mereka akan melakukan eksperimen sains, bersama dengan kegiatan penjangkauan dan komersial. Mereka juga akan membawa beberapa sampel ilmiah di ISS ke Bumi untuk diselidiki lebih lanjut oleh NASA.

Misi mengangkut penumpang sipil ke ISS dari Axiom Space (AX-1) ini adalah yang pertama dilakukan, ada beberapa misi serupa dari perusahaan swasta lain yang rencananya akan diluncurkan pada tahun-tahun mendatang.

Keberhasilan misi AX-1, dianggap sebagai pembangunan modul komersial pertama di ISS, serta modul yang menampung arena olahraga dan studio film.

(amj)

Baca Juga :  Pesawat Ruang Angkasa Bertenaga Nuklir Mulai Dikembangkan AS : Okezone techno