Peneliti Temukan Patahan Gigi Monster Laut Raksasa di Swiss : Okezone techno

JAKARTA – Para peneliti telah menemukan patahan gigi dari salah satu karnivora terbesar yang pernah hidup di Bumi. Penemuan itu, terjadi di kawasan Pegunungan Alpen, Swiss.

Disadur dari ScienceAlert, Jumat (29/4/2022), patahan gigi itu tentunya bukan milik T. Rex atau dinosaurus manapun. Tetapi, gigi tersebut punya monster laut raksasa, yakni ichthyosaurus yang langka dan misterius.

Dalam studi baru, para peneliti menganalisis fosil gigi secara rinci, lebar pada akarnya sekitar 60 mm dan 100 mm tinggi dari akar hingga ujung mahkota yang patah. Fosil gigi ini, dua kali lebih besar dari gigi Himalayasaurus yang diketahui.

Ichthyosaurus sendiri, dikenal sebagai reptil laut pemakan daging yang berpatroli di lautan dunia selama periode Trias akhir, sekitar 205 juta tahun lalu.

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan 28 April 2022 di Journal of Vertebrate Paleontology, sebagian mahkota giginya hilang, dan fosil akar taring yang ditemukan berukuran dua kali lebih lebar dari gigi ichthyosaurus lainnya yang telah diketahui.

Penulis utama studi ini, P. Martin Sander, dari University of Bonn di Jerman mengatakan, pemegang rekor sebelumnya untuk gigi terbesar adalah ichthyosaurus berukuran hampir 15 meter.

Martin memperkirakan, mungkin temuan akar taring ini membuat pemilik giginya menjadi salah satu hewan terbesar yang pernah hidup di darat atau laut.

Namun, karena para ilmuwan hanya memiliki setengah gigi untuk mendasari penelitian mereka, tidak bisa disimpulkan apakah reptil laut purba itu benar-benar leviathan, atau hanya salah satu dari banyak monster laut berukuran sama yang menguasai laut di periode Trias.

“Sulit untuk mengatakan apakah gigi itu berasal dari ichthyosaurus besar dengan gigi raksasa atau dari ichthyosaurus raksasa dengan gigi berukuran rata-rata,” kata Martin.

Baca Juga :  200 Tahun Lagi Manusia Bisa Jadi Spesies yang Hidup di Planet Lain : Okezone techno

Ichthyosaurus, yang namanya diterjemahkan menjadi “kadal ikan,” muncul selama periode Trias sekitar 252 juta hingga 201 juta tahun yang lalu, tidak lama setelah kepunahan Permian akhir yang memusnahkan sekitar 95 persen kehidupan di lautan Bumi.

Disebutkan, reptil laut beradaptasi dengan sangat baik di lautan mengalami perubahan drastis, dalam waktu sekitar 5 juta tahun dari keberadaan pertama mereka, ichthyosaurus membengkak menjadi ukuran yang sangat besar dan mendominasi semua lautan di dunia.

Ichthyosaurus terbesar yang diketahui adalah Shastasaurus sikanniensis, yaitu makhluk mirip paus yang panjangnya mencapai 21 meter, dan mungkin lebih panjang.

Sebagai perbandingan, berdasarkan data American Museum of Natural History, paus biru modern umumnya berukuran antara 24 dan 30 meter, sedangkan raja karnivora T. rex berukuran rata-rata panjangnya 12 meter.

“Ichthyosaurus, raksasa Trias akhir ini jelas termasuk di antara hewan terbesar yang pernah menghuni planet kita,” tulis para peneliti.