NASA Pamerkan Rekaman Video Gerhana Matahari di Mars yang Menakjubkan : Okezone techno

JAKARTANASA melalui wahana penjelajah Mars, Perseverance, telah berhasil merekam fenomena Gerhana Matahari di Mars, videonya pun sudah dipamerkan ke publik.

Dilansir dari keterangan resmi NASA, Jumat (22/4/2022), video itu menunjukkan bayangan dari Bulan Mars, Phobos, ketika melintasi Matahari. Penampakannya terbilang unik, karena berbentuk seperti kentang.

“Pengamatan ini, dapat membantu para ilmuwan lebih memahami orbit Bulan dan bagaimana gravitasinya menarik permukaan Mars, yang pada akhirnya membentuk kerak dan mantel Planet Merah,” tulis NASA.

Video tersebut, direkam dengan kamera Mastcam-Z generasi berikutnya dari Perseverance. Kejadiannya, berlangsung pada 2 April 2022 lalu, di mana menjadi hari ke-397 Perseverance dari misinya di Mars.

NASA menyampaikan, gerhana Matahari di Mars berlangsung dengan cepat kurang lebih dari 40 detik, tentu jauh lebih pendek daripada gerhana Matahari yang melibatkan Bulan di Bumi.

Disebutkan, Phobos sekitar 157 kali lebih kecil dari Bulannya Bumi. Sedangkan, Bulan Mars yang lain, yakni Deimos, bahkan lebih kecil lagi ukurannya.

Menurut NASA, video tersebut adalah yang terbaru dalam sejarah panjang pesawat ruang angkasa NASA yang merekam gerhana Matahari di Mars.

Fenomena serupa pernah terjadi pada 2004 silam, dua robot kembar Spirit dan Opportunity dalam Mars Exploration Rover Mission NASA (misi luar angkasa) berhasil mengambil foto detik-detik awal penambakan Phobos selama gerhana Matahari saat itu.

Kemudian, wahana penjelajah Mars lainnya, yakni Curiosity, melanjutkan tren dengan video yang diambil lewat sistem kamera Mastcam-nya.

Namun, Perseverance yang mendarat pada Februari 2021, telah menghasilkan video gerhana Matahari dengan penampakan Phobos yang paling besar dan pada frame rate tertinggi yang pernah ada.

Hal itu, berkat sistem kamera Mastcam-Z generasi berikutnya dari Perseverance, di mana telah mendapatakan peningkatan dari kemapuan yang dimiliki Mastcam Curiosity.

Baca Juga :  TikTok Jajaki Program Berbagi Uang Iklan Pertamanya dengan Konten Kreator : Okezone techno

“Saya tahu ini akan bagus, tetapi saya tidak menyangka ini akan menjadi luar biasa,” kata Rachel Howson dari Malin Space Science Systems di San Diego, salah satu anggota tim Mastcam-Z yang mengoperasikan kamera.

Baca Juga: TeraBox Mendukung Pengunggahan Jarak Jauh!

(amj)