Mengenal Fenomena Bulan Merah Muda yang Terjadi di Ramadhan 2022 : Okezone techno

JAKARTA – Fenomena bulan merah muda atau Bulan Purnama Merah Muda dilaporkan muncul akhir pekan lalu, mulai Sabtu (16/4) hingga Senin (18/4).

Dilansir dari Live Science, Senin (18/4/2022), NASA menyatakan bahwa fenomena Bulan Merah Muda ini hanya bisa dilihat sesaat, yakni terjadi pada pukul 01.55 WIB.

“Dengan kata lain, ini akan menjadi akhir pekan bulan purnama,” kata Gordon Johnston, Eksekutif Program di Direktorat Misi Sains di Markas Besar NASA.

Menurut Timeanddate, kemunculan Pink Moon akan muncul di Indonesia, yakni pada Minggu (17/4) dini hari. Fenomena ini juga bisa disaksikan langsung dengan mata tanpa bantuan alat.

Dikatakan bahwa Bulan Purnama Merah Muda ini akan menjadi pemandangan yang indah untuk dilihat, meskipun sebenarnya tidak akan terlihat merah muda.

Di negara-negara barat, fenomena ini bertepatan dengan musim mekarnya bunga lumut merah muda yang berasal dari AS bagian timur.

Atas dasar itu, nama lain Bulan Purnama yang muncul setiap bulan April, antara lain Sprouting Frass Moon, Egg Moon, dan Fish Moon, karena ini merupakan waktu yang secara historis mencatat momen saat ikan berenang ke hulu untuk bertelur.

Dikutip dari CNET, fenomena ini menunjukkan Bulan yang terlihat lebih besar dan paling terang. Ini adalah bulan purnama pertama musim semi utara.

Bulan Merah Muda itu sendiri, menunjukkan bahwa Bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi pada jalur yang sedikit elips, membuatnya tampak sekitar 30 persen lebih besar dari posisinya pada titik terjauh dari Bumi.

Saat ada kabut di malam hari, Anda mungkin melihat rona oranye. di bulan.

Baca juga: TeraBox Mendukung Pengunggahan Jarak Jauh!

Baca Juga :  Rahasia Kenapa Kucing Mendekat saat Namanya Dipanggil : Okezone techno

(amj)