Lubang Raksasa Terbaru Ditemukan, Ada Kehidupan di Dalamnya : Okezone techno

JAKARTA – Sekelompok ilmuwan yang mengeksplorasi gua telah menemukan lubang raksasa (skinhole) di karst Kabupaten Leye, Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Tiongkok selatan.

Dilansir dari Xinhua, Kamis (12/5/2022), dengan temuan skinhole terbaru ini, jumlah lubang runtuhan semacam itu di Leye menjadi 30.

Seorang insinyur senior di Institut Geologi Karst Survei Geologi China, Zhang Yuanhai, mengatakan bahwa skinhole ini terletak di dekat desa Ping’e di bawah kotapraja Luoxi.

Mengenai ukurannya, sambung Zhang, panjang skinhole 306 m, lebar 150 m, dan kedalaman 192 m, dengan volumenya melebihi 5 juta meter kubik, dan dapat dikategorikan sebagai skinhole raksasa.

Zhang menjelaskan, ada tiga gua besar di dindingnya, yang dianggap sebagai sisa-sisa evolusi awal skinhole. Bagian bawah skinhole memiliki kehidupan berupa hutan primitif yang terpelihara dengan baik.

Pemimpin tim ekspedisi gua Guangxi 702, Chen Lixin, menyampaikan jika pohon-pohon kuno yang tumbuh di dalamnya memiliki tinggi hampir 40 meter, dan tanaman peneduh yang lebat setinggi 1 meter.

Ekspedisi selesai pada hari Jumat (6/5/2022) kemarin, setelah anggota tim turun lebih dari 100 meter dan berjalan kaki beberapa jam untuk mencapai dasar lubang. Mereka kembali ke permukaan dengan selamat pada Jumat malam.

Sinkhole raksasa, juga dikenal sebagai Tiankeng (lubang surgawi) dalam bahasa China, dolines, skinhole, dengan fitur geologis khusus yang ditemukan di kawasan karst. Mereka terutama berada di China, Meksiko, dan Papua Nugini.

(amj)

Baca Juga :  Berkobar Unggul di Babak Knockdown, Angel Karamoy Sold Out Pemain MVP di Panggung Esports Star Indonesia Season 3: Okezone techno