Kapan gerhana matahari pertama kali tercatat? Siapa pelakunya? : Okezone techno

JAKARTA – Hari ini, 6 April 2022 adalah pertanda bahwa Gerhana matahari pertama kali dicatat oleh manusia. Kapan fenomena itu direkam? Siapa pelakunya?

Dirangkum dari Wikipedia, Rabu (6/4/2022), fenomena gerhana matahari pertama kali tercatat oleh manusia ribuan tahun lalu, tepatnya 648 SM.

Gerhana matahari pada tahun 648 SM tercatat oleh bangsa Yunani kuno dan telah menjadi acuan bagi banyak ilmuwan ketika melihat dan mengukur keberadaannya.

Diketahui, gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada di antara bumi dan matahari, sehingga menghalangi sebagian atau seluruh cahaya matahari.

Meski ukuran Bulan lebih kecil, namun bayangan Bulan mampu sepenuhnya melindungi cahaya Matahari, karena jaraknya rata-rata 384.400 km dari Bumi lebih dekat dari Matahari yang memiliki jarak rata-rata 149.680.000 km.

Ada tiga jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.

Gerhana matahari dikatakan gerhana total jika pada puncak gerhana, piringan matahari tertutup seluruhnya oleh piringan bulan.

Pada saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan itu sendiri bervariasi tergantung pada jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.

Perhatikan bahwa gerhana matahari tidak dapat berlangsung lebih dari 7 menit 40 detik. Selama gerhana matahari, orang dilarang melihat matahari dengan mata telanjang karena dapat merusak mata secara permanen dan menyebabkan kebutaan.

(amj)

Baca Juga :  Apa yang Terjadi Jika Manusia Masuk ke Lubang Hitam? : Okezone techno