Kabel USB-C Generasi Baru Telah Lahir, Mampu Transfer Data dengan Kecepatan Tinggi : Okezone techno

JAKARTAKabel USB-C generasi terbaru telah lahir, memilki kemampuan untuk mentrasfer data dengan kecepatan tinggi yang mendukung pengisian daya laptop hingga 240W.

Dilansir dari The Verge, Kamis (5/5/2022), kabel USB-C generasi terbaru ini merupakan yang pertama di dunia, dirancang oleh perusahaan asal Belanda bernama Club3D.

Selain memiliki dukungan pengisian daya 240W, kabel ini juga mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi. Kabel tersedia dalam berbagai model, yakni CAC-1576, CAC-1575, dan CAC-1573.

Model CAC-1576, mampu mentransfer data dengan kecepatan 40Gbps, mendukung video 8K/60Hz namun ukurannya hanya 1 meter saja.

Selanjutnya, model CAC-1575 punya kemampuan untuk mentransfer data hingga 20Gbps, mendukung video 4K/60Hz dengan ukuran 2 meter.

Sedangkan, model CAC-1573 merupakan model dengan spesifikasi paling rendah. Tersedia dalam ukuran 2 meter, kabel dengan model yang satu ini hanya mampu mentransfer data dengan kecepatan 480 Mbps dan tidak mendukung video.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada pengecer yang menjual kabel USB-C tersebut. Pasalnya, laptop saat ini pun belum ada yang mendukung pengisian daya cepat 240W. Jadi masyarakat masih belum bisa memilikinya.

Tidak diketahui kapan Club3D akan menjualnya ke pasaran. Yang jelas ini merupakan aksesoris yang banyak diminati oleh konsumen. Diharapkan pada saat peluncurannya nanti akan ada ukuran yang lebih panjang dari 2 meter.

Kabel USB-C dengan pengisian daya hingga 240W seharusnya sudah sangat cukup untuk menyokong kebutuhan sebagian besar laptop mainstream. Kecuali yang menggunakan CPU dan GPU paling kuat, mungkin daya segitu masih kurang.

(amj)

Baca Juga :  Pesawat Ruang Angkasa Bertenaga Nuklir Mulai Dikembangkan AS : Okezone techno