Ini Wilayah Indonesia Potensi Hujan Deras Akibat Benih Siklon Tropis 93W dan 96S : Okezone techno

JAKARTA – Biji badai tropis 93W dan 96S telah diidentifikasi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang disebut-sebut berdampak tidak langsung di beberapa wilayah Indonesia.

Diolah dari keterangan BMKG, Kamis (31/3/2022), Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan, siklon 93W dan 96S ini bisa memicu cuaca ekstrem dalam dua hari ke depan, yakni 31 Maret – 1 April 2022.

Adapun daftar wilayah yang berpotensi terkena dampak cuaca ekstrim berupa hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir atau kilat adalah sebagai berikut.

26 Wilayah pada Kamis (31/3):

Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah , Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, DKI Jakarta, Bali, Sulawesi Selatan, Papua Barat, Papua.

19 Wilayah pada Jumat (1/4):

Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua, Bali, Papua Barat

BMKG menghimbau agar kawasan yang masuk dalam daftar tersebut harus mengantisipasi dan memitigasi risiko dampak yang mungkin terjadi, khususnya bencana hidrometeorologi akibat cuaca ekstrem.

(amj)

Baca Juga :  Prolink Kembali ke Fitri, Diskon hingga 60% Hanya di AladinMall by Mister Aladin : Okezone techno