Indonesia Jadi Negara dengan Polusi Udara Terburuk di Asia Tenggara : Okezone techno

JAKARTA – Perusahaan teknologi kualitas udara Swiss, IQAir, merilis laporan terbaru kualitas udara dunia periode 2021 yang menunjukkan Indonesia sebagai negara dengan polusi udara terparah di Asia Tenggara.

Diolah dari keterangan resminya, Jumat (8/4/2022), laporan Kualitas Udara Dunia 2021 dari IQAir ini, menganalisis pengukuran polusi udara PM2.5 dari stasiun pemantau udara di 6.475 kota yang tersebar di 117 negara, wilayah, dan wilayah.

“Hanya tiga persen kota dan tidak ada satu negara pun yang memenuhi pedoman kualitas udara tahunan PM2.5 terbaru dari WHO,” tulis IQAir.

CEO IQAir Frank Hammes mengatakan: “Ini adalah fakta yang mengejutkan bahwa tidak ada kota atau negara besar yang menyediakan udara yang aman dan sehat bagi warganya di bawah pedoman kualitas udara terbaru dari WHO.

“Laporan ini menggarisbawahi berapa banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki udara yang aman, bersih dan sehat untuk dihirup. Saatnya untuk bertindak sekarang,” kata Hammes.

Polusi partikulat halus, yang dikenal sebagai PM2.5, umumnya dipahami sebagai polutan udara paling berbahaya dan dipantau secara luas.

Partikel-partikel ini, telah ditemukan menjadi faktor utama yang berkontribusi terhadap efek kesehatan seperti asma, stroke, penyakit jantung dan paru-paru. PM2.5 menyebabkan jutaan kematian dini setiap tahun.

Polusi Udara Terburuk Indonesia di Asia Tenggara

Kondisi pencemaran udara di Indonesia sendiri dilaporkan paling buruk di Asia Tenggara, dimana konsentrasi PM25,5 mencapai 34,3 mikrogram per m3.

Setelah Indonesia, negara-negara Asia Tenggara yang masuk dalam kategori tingkat polusi udara terburuk adalah Myanmar, Vietnam, Laos, Thailand, Kamboja, Malaysia, Filipina, dan Singapura.

Terungkap wilayah Indonesia yang memiliki pencemaran udara terparah antara lain Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Pelembang, dan Duri.

Baca Juga :  Temuan Baru, Astronot Ungkap Mars Awalnya Mengandung Air Lalu Mengering : Okezone techno

Selain menjadi nomor satu dengan polusi udara terparah di Asia Tenggara, Indonesia menduduki peringkat ke-17 dunia. Bangladesh, Chad dan Pakistan berada di peringkat pertama hingga ketiga.

(amj)