Ilmuwan Ungkap 2 Kg Gas Langka di Inti Bumi Bocor Setiap Tahun : Okezone techno

JAKARTA – Sejumlah ilmuwan mengungkap fakta baru tentang Bumi, di mana setiap tahun sekitar 2 kg isotop langka gas helium, yaitu helium-3, terlepas dari interior Bumi.

Diadaptasi dari Tech Explorist, Kamis (7/4/2022), gas helium-3 diyakini terbentuk tak lama setelah Big Bang dan diperoleh dari nebula surya saat Bumi terbentuk.

Studi terbaru menunjukkan bahwa inti Bumi bocor Helium-3 di inti Bumi menambah bukti bahwa Bumi terbentuk di dalam Nebula Matahari, yang telah lama diperdebatkan. Itu juga mengutip inti bumi sebagai sumber signifikan helium-3.

Saat sebuah planet tumbuh, ia mengumpulkan materi dari sekitarnya, sehingga komposisinya mencerminkan lingkungan di mana ia terbentuk.

Untuk mendapatkan konsentrasi helium-3 yang tinggi di inti, Bumi harus terbentuk di dalam nebula surya yang meluas, bukan di pinggirannya atau selama fase memudarnya.

Studi ini, menambahkan petunjuk lebih lanjut ke misteri seputar pembentukan Bumi, memberikan bukti tambahan untuk teori bahwa planet ini terbentuk di dalam nebula surya.

Penulis utama studi tersebut, Peter Olson, seorang ahli geofisika di University of New Mexico, mengatakan sekitar 2 kg helium-3 bocor keluar dari Bumi setiap tahun.

“Itu kira-kira cukup untuk mengisi balon seukuran meja Anda. Ini adalah keajaiban alam, dan petunjuk bagi sejarah Bumi, bahwa masih ada sejumlah besar isotop ini di bagian dalam Bumi,” kata Olson.

Untuk memperkirakan jumlah Helium-3 langka di lapisan inti dan melacak laju pertukaran Helium-3 antara inti dan mantel, para ilmuwan memodelkan helium melalui pendekatan historis Bumi.

Mereka terutama mempertimbangkan dua tahap kunci: pembentukan awal, ketika planet mengumpulkan helium, dan mengikuti pembentukan Bulan, setelah itu helium hilang.

Model tersebut menawarkan bukti bahwa sebuah objek sepertiga ukuran Bumi menghantam planet ini pada awal sejarahnya, sekitar 4 miliar tahun yang lalu. Tabrakan itu akan kembali mencairkan kerak bumi, memungkinkan sebagian besar helium untuk melarikan diri. Gas terus keluar.

Baca Juga :  Viral Mahasiswi Jual Ginjal Demi Pembangunan Jembatan Goyo, Warganet Pertanyakan Pemda : Okezone techno

Para ilmuwan juga memperkirakan bahwa antara 10 teragram (1013 gram) hingga satu petagram (1015 gram) helium-3 bocor dari lapisan inti.

“Jumlah yang sangat besar ini menunjukkan pembentukan Bumi di dalam nebula surya, di mana konsentrasi gas yang tinggi memungkinkannya terakumulasi jauh di dalam planet,” katanya.

(amj)