Generasi Milenial adalah Landasan Percepatan Transformasi Digital Indonesia : Okezone techno

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus akselerasi transformasi digital untuk mendorong perkembangan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

“Transformasi digital adalah sebuah keniscayaan. Pada prinsipnya terlibat atau terlibat. Tentu kita harus terlibat dalam percepatan transformasi digital di Indonesia,” kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong dalam video sambutan webinar tersebut. Kongres Selular 2022″, Kamis, (31/3/2022).

Kominfo melihat potensi pengembangan ekosistem digital di Tanah Air sangat besar karena jumlah pengguna internet yang terus meningkat hingga mencapai 2 juta orang dalam setahun akibat pandemi, banyak aktivitas masyarakat yang beralih ke ruang digital.

BACA JUGA: Transformasi Digital Diprioritaskan untuk Menghidupkan Kembali Perekonomian Indonesia Pasca-Covid-19

Merujuk pada laporan terbaru We Are Social, pengguna internet di Indonesia per Januari 2022 mencapai 204,7 juta.

Potensi pengembangan ekosistem digital, menurut Dirjen Usman, juga terlihat dari kontribusi sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebesar 4,25 persen terhadap Produk Domestik Bruto nasional.

Meski pengguna internet semakin meningkat dari tahun ke tahun, namun sumber daya manusia yang berkemampuan digital menjadi tantangan dalam percepatan transformasi digital. Menurut Usman, generasi milenial akan menjadi tumpuan dalam mendukung digitalisasi ekonomi di Indonesia.

“Ini menjadi tantangan karena Indonesia dikatakan kekurangan sumber daya manusia yang berkompeten TIK pada 2030,” kata Usman.

BACA JUGA: Keamanan siber Sangat Penting untuk Mempercepat Transformasi Digital

Indonesia membutuhkan rata-rata 600.000 orang setiap tahun untuk bekerja di sektor digital. Sayangnya, dari empat ribu perguruan tinggi di Indonesia, hanya 20 persen yang memiliki program studi TIK.

Kominfo memperkirakan ada kesenjangan talenta digital antara 400.000 hingga 450.000 orang per tahun. “Kebutuhan tenaga kerja untuk menunjukkan transformasi digital terus berkembang pesat. Keterampilan digital dan literasi digital sangat penting bagi keberhasilan transformasi digital,” kata Usman.

Baca Juga :  Status Online Instagram Bisa Disembunyikan, Ikuti Langkah Berikut : Okezone techno

Untuk memenuhi kebutuhan talenta digital dalam negeri, Kominfo memiliki setidaknya tiga program utama.

(amr)