Fakta Sains, Teori Relativitas Waktu Albert Einstein Sudah Ada Sebelumnya di Al-Qur’an: Okezone techno

JAKARTAAlbert Einstein mencetuskan teori relativitas waktu yang menggemparkan dunia ilmu pengetahuan, ternyata al-Qur’an juga pernah membahas masalah yang sama.

Teori relativitas Einstein diungkapkan pada awal abad ke-20. Dia menyatakan bahwa waktu ditentukan oleh massa dan kecepatan. Sebelumnya, tidak ada yang pernah mampu mengungkapkan fakta ini dengan jelas.

Pada saat itu, tidak ada yang tahu bahwa waktu adalah konsep yang relatif. Waktu juga bisa berubah sesuai dengan keadaan. Sekarang teori relativitas adalah fakta yang terbukti secara ilmiah.

Mengenai teori relativitas ini, sebagaimana dikutip dari buku “Al-Qur’an vs. Ilmu Pengetahuan Modern Menurut Dr. Zakir Naik” karya Ramadhani dan kawan-kawan, Al-Qur’an dikatakan telah memberikan informasi tentang waktu yang relatif, dan terkandung dalam ayat-ayat berikut.

لُوْنَكَ الْعَذَابِ لَنْ لِفَ اللّٰهُ اِنَّ ا االَفِ

“Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu dipercepat, tetapi Allah sekali-kali tidak akan mengingkari janji-Nya. Sesungguhnya sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.” (Surat al-Hajj: 47)

الْاَمْرَ السََّّمَاءۤ لَيْ الَْْرْضِ

“Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya seribu tahun menurut perhitunganmu.” (Surat As Sajdah: 5)

الْمَلٰۤىِٕكَةُ لُّرُّوْحُ لَيْهِ انَ ارُهٗ الْفَ

“Para malaikat dan Jibril naik (menghadap) Allah dalam sehari dengan kecepatan 50 ribu tahun.” (Surat al-Ma’arij: 4)

لَ لَبِثْتُمْ الْاَرْضِ

الُوْا لَبِثْنَا ا ا لِ الْعَاۤدِّيْنَ

لَ اِن لْبِثْتُمْ اِلَّا لِيْلًا لَّوَنَّكُمْ لَمُوْنَ

Allah berfirman: “Sudah berapa tahun kamu tinggal di bumi? Mereka berkata: Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang memperhitungkan. Allah berfirman: Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja kamu benar-benar mengetahui. (Surat al-Mu’minun: 112-114)

Baca Juga :  Games+ Competition Datang Lagi! Ikuti Swing Escape Competition Hanya di Games+! : Okezone techno

Ayat-ayat ini menunjukkan bahwa kitab suci Al-Qur’an telah menyebutkan teori relativitas waktu jauh sebelum Einstein.

(amj)