Fakta Menakjubkan Sidik Jari Ditulis dalam Al-Qur’an dan Terbukti Secara Ilmiah : Okezone techno

JAKARTAsidik jari memiliki sejumlah fakta menakjubkan, ini tertulis dalam Al-Qur’an dan telah terbukti secara ilmiah. Keberadaan sidik jari sendiri sangat berguna untuk identitas.

Dikutip dari buku Tafsir Ilmi: Ciptaan Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan, disusun oleh Lajnah Pentashihab Mushaf Al-Qur’an, Litbang Kementerian Agama Republik Indonesia, sidik jari manusia pasti berbeda. meskipun mereka lahir dari kembar identik.

Oleh karena itu, sidik jari merupakan identitas dalam membedakan seseorang. Tapi, tahukah Anda ada fakta menakjubkan di balik sidik jari. Hal ini telah banyak dibahas dalam kitab suci Al-Qur’an.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

Apakah manusia mengira bahwa kami tidak akan memasang kembali tulang-tulangnya (3) Sesungguhnya kami dapat menyamai tulang-tulangnya (4)

Artinya: “Apakah manusia mengira bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (mengembalikan) tulang-tulang mereka? (Sesungguhnya) Kami mampu memasang (kembali) jari-jari mereka dengan sempurna.” (Surat al-Qiyamah: 3-4)

Penyebutan “jari” dalam ayat tersebut berkaitan dengan sidik jari manusia. Karena dalam ayat ini dan beberapa ayat lainnya sebelum dan sesudah itu membahas tentang cara Allah Subhanahu wa ta’ala mengenal individu di hari kiamat.

Bagaimana Allah Subhanahu wa ta’ala dalam firman-Nya menunjukkan suatu ilmu, yaitu dengan sidik jari yang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan menjadi kenyataan dan berguna bagi kehidupan manusia di muka bumi.

Baca juga: TeraBox Mendukung Pengunggahan Jarak Jauh!

Fakta bahwa sidik jari tidak berubah dan dapat digunakan sebagai identitas seseorang baru diketahui pada akhir abad ke-19. Sebelumnya, sidik jari hanya dipandang sebagai coretan tanpa makna.

Baru pada saat itulah seorang peneliti bernama Sir Francis Goly pada tahun 1800-an mengungkapkan bahwa pola melingkar di ujung jari seseorang yang kemudian dikenal dengan sidik jari bersifat unik untuk setiap individu.

Baca Juga :  Mengenal Software Akuntansi serta Manfaatnya untuk Bisnis Besar dan UMKM : Okezone techno

Berlanjut di era modern, fakta tentang keunikan sidik jari semakin terungkap. Pola sidik jari seseorang terbentuk sesaat sebelum bayi lahir. Polanya akan tetap sama seumur hidup, tidak berubah, kecuali ada bekas luka di sana.

Tidak hanya itu, pola sidik jarinya sangat unik sehingga bahkan kembar identik, dengan pola urutan DNA yang sangat mirip, memiliki pola sidik jari yang berbeda.

Mengenai menjadikan sidik jari sebagai identitas, dapat dibuktikan dengan menggunakan teknik identifikasi sidik jari yang telah diakui secara hukum oleh banyak organisasi kepolisian di dunia.

Legalisasi internasional ini juga sudah berjalan lebih dari 25 tahun. Bahkan di banyak negara identifikasi dengan sidik jari telah dilakukan selama lebih dari 100 tahun.

Hingga saat ini, belum ada teknik verifikasi identifikasi lain yang dapat melebihi efektivitas pengenalan sidik jari. Kode dan pola sidik jari dapat diidentifikasi dengan kode batang yang digunakan di dunia perdagangan saat ini.