Facebook Bisa Melacak Anda di Internet, Begini Cara Mencegahnya : Okezone techno

JAKARTAFacebook bisa melacak seseorang di internet mungkin telah banyak yang mengetahuinya, tetapi sepertinya masih sedikit yang menyadarinya jika hal itu dapat dicegah.

Diolah dari CNET, Selasa (10/5/2022), media sosial ini sebenarnya punya pengaturan privasi yang memudahkan Anda untuk mencegah Facebook melakukan pelacakan.

Fiturnya, disebut sebagai Aktivitas Di Luar Facebook (Off-Facebook Activity) di mana sudah ada sejak 2019.

Keberadaannya, memungkinkan Anda melihat dan mengontrol data yang dibagikan aplikasi dan situs web, dan memantau jenis informasi yang dapat diakses oleh aplikasi pihak ketiga.

Dengan fitur privasi ini, Anda dapat menghapus riwayat aplikasi dan situs web yang telah membagikan data Anda. Anda juga dapat menonaktifkan fitur Off-Facebook Activity, yang memberi tahu Facebook untuk memutuskan informasi apa pun yang telah dibagikan perusahaan dari akun Anda.

Singkatnya, Anda dapat secara selektif memilih perusahaan mana yang ingin Anda hentikan untuk berbagi aktivitasnya, dan itu akan berhenti menampilkan iklan bertarget yang kerap muncul.

Berikut cara untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik terkait privasi Facebook Anda.

Jika Anda menggunakan fitur Facebook bisnis, Anda dapat melihat informasi apa yang telah dikirim oleh aplikasi dan situs web ke perusahaan.

Dari sana, Anda dapat menghapus informasi akun Anda dan menonaktifkan pelacakan “aktivitas di luar Facebook,” juga dapat mengontrol untuk semua aplikasi dan situs web sehingga mereka tidak lagi dapat mengintip aktivitas pencarian Anda dengan Facebook.

Untuk memulainya, buka Pengaturan & Privasi > Pengaturan > Aktivitas Di Luar Facebook. Dari sana, Anda dapat mengelola Aktivitas Di Luar Facebook, menghapus semua riwayat, dan mematikan Aktivitas Di Luar Facebook di Masa Mendatang untuk akun Anda.

Baca Juga :  2 Cara Download Video Capcut Tanpa Watermark : Okezone techno

Setelah Anda menghapus aktivitas yang dikelola oleh alat tersebut, Facebook akan menghapus informasi identitas Anda yang dibagikan oleh aplikasi dan situs web.

Berarti, Facebook tidak akan tahu situs web mana yang Anda kunjungi atau apa yang Anda lihat, jadi Anda tidak akan melihat iklan bertarget dari situs tersebut.

Jika Anda ingin mengontrol iklan mana yang Anda lihat (atau tidak) di Facebook, buka Pengaturan di ponsel atau desktop Anda dan pilih Preferensi Iklan.

Di bawah Pengiklan dan Bisnis, Anda dapat melihat pengiklan mana yang menjalankan iklan menggunakan daftar yang diunggah ke Facebook yang berisi informasi Anda.

Jika Anda memilih perusahaan dan memilih Sembunyikan Iklan, Anda tidak akan melihat iklan dari pengiklan saat mereka menggunakan daftar dari perusahaan tersebut.

Anda juga dapat membuka Pengaturan Iklan dan mematikan iklan berdasarkan data dari mitra, iklan berdasarkan aktivitas Anda di Produk Perusahaan Facebook yang Anda lihat di tempat lain, dan iklan yang menyertakan tindakan media sosial Anda.

Namun, melakukan ini tidak akan menghapus data apa pun dan Anda akan tetap melihat jumlah iklan yang sama seperti sebelumnya. Fitur Aktivitas di Luar Facebook adalah cara terbaik untuk menghapus data Anda.