Email Suka Masuk ke Spam? Ketahui 9 Penyebabnya : Okezone techno

JAKARTA – Ada sejumlah penyebab mengapa saat mengirim email justru masuk ke spam penerimanya, alih-alih berakhir di kotak masuk (inbox).

Diolah dari berbagai sumber, tentu hal ini bakal merugikan pengirim email, terlebih jika file yang dikirim merupakan tugas sekolah atau kuliah, apalagi berkaitan dengan pekerjaan.

Atas dasar itu, penting untuk mengetahui panyebab email bisa masuk ke spam. Lalu, apa saja yang bikin hal ini terjadi? Selengkapnya berikut ini.

1. Judul Email Tak Relevan

Penyebab email masuk ke spam bisa karena judul email tidak relevan dengan isi yang ada di dalamnya (click bait). Sekali mengirim email dengan judul click bait, penerima mungkin akan menandainya sebagai spam. Dan ini akan berlaku seterusnya.

Jadi, pastikan judul email dimulai dengan kata kerja yang pas dan berisi urgensi yang wajar serta tidak berlebihan. Selain itu, hal yang terpenting adalah pastikan judul relevan dengan isi.

2. Konten Email Terjaring Filter Spam

Filter spam bakal menyaring email berdasarkan elemen tertentu di dalamnya. Andai email berisi elemen tersebut, maka email akan otomatis dianggap spam.

Untuk itu, hindari beberapa pemicu filter spam seperti berisi banyak kata Gratis, Harga Terendah, dan Tanpa Biaya, tanda baca yang tidak perlu, atau huruf besar semua, contoh “EMAIL.”

3. Tak Ada Link Berhenti Langganan

Bagi yang bekerja di bidang marketing, jangan sekali-kali mengirim email tanpa opsi berhenti berlangganan, sebab hal ini sama saja seperti pemaksaan.

Oleh karenanya, bisa memicu penerima untuk menjadikannya spam. Jika tidak ingin ini terjadi, sertakan juga opsi berhenti berlangganan dengan menyematkan link.

4. Kirim Email dengan Banyak Lampiran

Baca Juga :  Daftar 10 Game Rahasia di Google untuk Ngabuburit : Okezone techno

Banyaknya lampiran yang dikirim bisa mengakibatkan email masuk spam. Apalagi kalau file lampiran yang disertakan dianggap mengandung malware dan virus.

Jika memang perlu mengirimkan lampiran, jangan terlalu banyak atau gunakan alternatif lain. Misalnya, menguploadnya terlebih dulu di Google Drive atau Dropbox, lalu sisipkan link lampiran ke email.

5. Struktur Email Tak Tepat

Struktur email harus baik agar terlihat menark. Artinya, pengirim perlu mengatur elemen seperti gambar, video, atau font tulisan dalam email tersebut.

6. Nama Pengirim Tak Tepat

Email masuk ke spam bisa disebabkan karena informasi nama pengirim tidak tepat, atau kesalahan saat input, misalnya jika menggunakan plugin contact form.

Kalau ini terjadi, cara menanganinya tinggal Klik plugin Contact Form di dashboard, lalu klik tab Mail. Pastikan kolom “From” merupakan alamat email admit website.

7. Belum Mengatur Autentikasi Email Otomatis

Ketika menggunakan layanan email otomatis, email akan dikirimkan dengan nama domain pengirim. Email ini, bisa dianggap spam oleh penerima kalau pengaturannya tidak pas.

Oleh karenanya, perlu melakukan pengaturan autentikasi email yang tepat. Ada beberapa cara autentikasi email yang bisa dilakukan, yaitu SPF (Sender Policy Framework) atau DKIM (Domain Key Identified Mail).

8. Penerima Tandai Email sebagai Spam

Penyebab lain kenapa email masuk spam adalah karena penerima menandai email sebagai spam. Kalau sudah begini tidak bisa diatasi lagi.

9. Tak Punya Izin dari Penerima

Meminta izin sebelum mengirim email bisa menjadi solusinya. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan formulir online yang diisi oleh audiens sendiri.