Daftar 6 gadget yang Wajib Dibawa saat Mudik Lebaran 2022 : Okezone techno

JAKARTA – Ada beberapa gadget yang wajib dibawa saat mudik Idul Fitri (Lebaran) 2022. Selain itu, persiapan untuk mudik memang harus matang dilakukan.

Pasalnya, bagi yang kampung halamannya berjarak ratusan kilometer, perjalanan akan terasa cukup lama dan mungkin membosankan.

Oleh karena itu, salah satu barang yang wajib dibawa saat mudik adalah gadget. Bukan sekadar untuk hiburan, gadget juga bisa membuat perjalanan lebih aman dan nyaman, misalnya untuk peta penunjuk jalan.

Namun, tidak hanya smartphone saja, ada beberapa gadget lainnya yang wajib Anda bawa agar perjalanan mudik lebih aman dan menyenangkan.

Lantas, apa saja gadget yang wajib dibawa saat mudik Lebaran 2022? Dihimpun dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini.

1. Smartphone

Smartphone kini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk saat mudik. Tak hanya menjadi perangkat komunikasi, smartphone juga bisa digunakan untuk banyak hal, mulai dari browsing Internet, penunjuk peta jalan atau maps, hingga untuk bermain game.

Mengingat mudik ke kampung halaman akan menempuh jarak jauh, tentunya Anda harus menyiapkan smartphone dengan kemampuan yang mumpuni, baik dari sisi fitur yang lengkap, dan juga daya tahan baterai yang tangguh.

Bagi pemudik yang lewat jalur darat, disarankan membawa smartphone dengan fitur NFC. Smartphone tersebut sangat berfungsi untuk mengisi ulang uang elektronik jika kehabisan di tengah jalan.

Pastikan juga smartphone Anda memiliki kapasitas baterai yang besar, sehingga Anda tidak harus khawatir kehabisan daya saat bermacet-macet di jalan atau saat menunggu pesawat yang tertunda.

Beberapa ponsel dengan baterai besar dan NFC antara lain Poco M4 Pro, Redmi Note 11, Samsung Galaxy A33 5G, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Data Google Trends Tunjukkan Orang Indonesia Sering Cari Bahan Pokok Secara Online : Okezone techno

2. Powerbank

Kini memang sudah banyak smartphone yang mampu bertahan hingga belasan jam, bahkan untuk berbagai aktivitas berat. Tetapi, jika jarak rumah Anda ke kampung halaman adalah ratusan kilometer, sudah dipastikan Anda membutuhkan powerbank yang praktis digunakan selama perjalanan untuk mengisi daya perangkat Anda.

Benda satu ini tentu memiliki beragam bentuk maupun kapasitas daya. Spesifikasi utama yang harus diperhatikan dalam kemasan powerbank atau baterai portabel adalah kapasitas, yang diukur dalam miliampere-jam (mAh).

Lebih baik, pilihlah yang kapasitasnya minimal 2-3 kali lebih besar dari kapasitas baterai ponsel Anda, sehingga dapat mengisi daya ponsel Anda beberapa kali.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui kebutuhan berapa banyak port yang Anda butuhkan. Misalnya, sehari-hari Anda membawa beberapa perangkat seperti satu Tab, 2 ponsel, Anda tentu membutuhkan powerbank yang jumlah port-nya lebih dari satu.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu memerhatikan kualitas dari powerbank Anda karena penggunaan powerbank berlebihan bisa membahayakan, baik pada ponsel maupun diri Anda. Kualitas ini dapat dilihat dari merek yang sudah dapat dipercaya, dan menyediakan garansi.

3. Earphone TWS

Mendengarkan musik sambil duduk santai di dalam kereta atau mobil akan membuat hati lebih gembira, sehingga perjalanan mudik pun akan terasa lebih menyenangkan.

Apalagi jika mendengarkan musik favorit Anda. Nah, earphone TWS menjadi gadget wajib yang harus Anda bawa saat mudik. Selain untuk mendengarkan lagu, perangkat ini juga bisa Anda gunakan untuk telponan dengan orang terkasih tanpa harus terganggu dengan adanya lilitan kabel dari earphone pada umumnya.

4. Car Charger

Meski sudah membawa power bank, car charger tetap jadi produk yang wajib dibawa saat mudik Lebaran. Apalagi jika berangkat mudik bersama satu keluarga besar. Semua anggota keluarga pasti membutuhkan banyak pengisi daya untuk mengisi baterai gadget mereka. Nah, car charger bisa menjadi solusinya.

Baca Juga :  Tips Koharo: Mengatakan "Eh Google" Dapat Mengaktifkan Google Assistant : Okezone techno

Perangkat ini sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk mengisi ulang atau mentenagai beragam perangkat sepanjang perjalanan mudik Anda. Pastikan produk tersebut memiliki beberapa port agar bisa digunakan untuk mengisi daya banyak perangkat sekaligus. Selain itu cari juga yang menawarkan pengisian daya berkecepatan tinggi.

5. Dashcam

Bukan hanya sekadar aksesoris, dashcam juga berfungsi untuk mengawasi dan merekam kejadian selama perjalanan layaknya CCTV. Perangkat ini akan sangat membantu Anda ketika menghadapi masalah selama perjalanan mudik.

Misalnya, jika Anda tiba-tiba menemukan pengemudi yang arogan. Momen itu akan terekam oleh dashcam, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah memiliki buktinya.

Dashcam yang tersedia di pasaran kini harganya beragam, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Fitur-fitur yang ditawarkan pun semakin canggih seperti kamera Full HD, sudut pandang yang lebar, night vision, GPS, dan lain-lain.

6. Modem WiFi

Selama perjalanan mudik, Anda tentu ingin terus bisa terhubung dengan internet, bukan? Baik untuk sekadar browsing, chatting, streaming musik, main game, hingga nonton streaming film.

Jadi, modem WiFi adalah solusi yang tepat untuk mendapatkan jaringan internet tanpa menggunakan telepon. Benda ini juga memungkinkan Anda terkoneksi saat berada di mana pun.

Ketika smartphone Anda terhubung dengan sinyal dari modem WiFi, akan dipastikan baterai smartphone Anda menjadi lebih awet dibanding berselancar menggunakan paket data di smartphone. Ini karena smartphone Anda tidak perlu lagi mengeluarkan energi berlebih untuk mencari sinyal internet.

Oleh karena itu, Anda wajib membawa modem WiFi untuk menghemat baterai smartphone sekaligus mengurangi resiko rusaknya gawai karena dipaksa mengeluarkan energi terlalu besar.

Baca Juga :  Al-Qur'an dan Sains Jelaskan Kegelapan di Laut Dalam, Manusia Tidak Bisa Hidup : Okezone techno