Daftar 5 Drone Tempur Paling Mematikan, Salah Satunya Milik Rusia : Okezone techno

JAKARTA – Dunia militer sekarang ini banyak yang menggunakan drone atau pesawat tanpa awak untuk berperang, kondisi ini tidak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi.

Dirangkum dari berbagai sumber, keberadaan drone sendiri dinilai sangat efisien dalam pertempuran karena mampu melakukan berbagai fungsi yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Atas dasar itu, banyak negara berlomba-lomba mengembangkan drone militer dengan teknologi canggih dan mematikan.

Sejauh ini, sejumlah drone super canggih telah berhasil dibuat dan bahkan digunakan dalam berbagai operasi militer. Bagaimana menurutmu? Berikut ulasannya.

1. Reaper MQ-9

Tidak hanya canggih, drone ini juga merupakan salah satu drone mematikan milik Amerika Serikat yang sudah memiliki reputasi tinggi di dunia militer dengan kecanggihan teknologinya.

MQ-9 Reaper dilengkapi dengan radar canggih dan dipersenjatai dengan rudal Hellfire dan bom berpemandu laser yang mampu menghasilkan serangan gabungan. Dengan kemampuan terbang hingga 50 ribu kaki, tak heran jika drone ini begitu ditakuti.

2. CAIG GJ-2

Merupakan drone yang dirancang oleh Aviation Industry Corporation of China yang memiliki spesifikasi super canggih di kelasnya. Drone ini telah membuktikan kekuatannya dalam konflik Timur Tengah.

Keunggulannya, drone ini bisa mengangkut hingga 480 kilogram (kg) atau bisa membawa hingga 12 bom atau rudal dengan laser atau seberat 200 kg!

Selain itu, drone yang dikenal dengan nama Wing Loong ini juga mampu terbang selama 32 jam nonstop dengan ketinggian hingga 32 ribu kaki atau sekitar 9753 meter.

3. XQ-58A

Berbicara tentang militer, tentunya kita tidak bisa mengabaikan Amerika Serikat sebagai ‘polisi dunia’, dimana negara Paman Sam ini memiliki sejumlah drone yang termasuk tercanggih di dunia. Salah satunya adalah pesawat XQ-58A ini.

Baca Juga :  2 Cara Aman Bersihkan Layar Smartphone Agar Tetap Mengkilap : Okezone techno

Drone tempur ini dirancang khusus untuk teknologi Artificial Intelligence atau AI. Tak heran jika pesawat XQ-58A sering digunakan untuk pengintaian terhadap ‘korban’, yakni dengan menjadi tameng bagi pesawat berawak.

4. Jenderal Atom Avengers

Pencinta film superhero tentu tidak asing dengan kelompok pahlawan super bernama Avengers yang merupakan penyelamat bumi. Namun dunia teknologi dan militer juga mengenal satu drone bernama General Atomic Avengers yang super canggih!

Kecanggihannya dimulai dari sistem penargetan yang telah dilengkapi dengan teknologi elektro-optik seperti pesawat tempur berawak F-35. Drone ini juga bisa membawa beban hingga tiga ton dan bisa terbang hingga ketinggian 50 ribu kaki atau 15 ribu meter.

5. S-70 Okhotnik

Negara yang saat ini menjadi sorotan akibat invasi Ukraina adalah pemilik drone militer tercanggih di dunia lainnya ini. Ya, Rusia mengembangkan pesawat tanpa awak yang mengerikan karena memiliki spesifikasi siluman!

Sukhoi S-70 Okhotnik telah membawa perkembangan teknologi tempur generasi ke-6 atau yang paling baru. Dengan jangkauan hingga 6 ribu kilometer.

Demikian pembahasan daftar lima drone tempur paling mematikan di dunia, semoga bermanfaat.