Cara Mengisi e-HAC Mudik Lebaran 2022 : Okezone techno

JAKARTA – Cara mengisi e-HAC untuk pulang Idul Fitri cukup mudah. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri telah mengumumkan bahwa pemudik yang ingin menggunakan transportasi pesawat wajib mengisi Electronic Health Alert Card (e-HAC) di PeduliLindung.

Persyaratan ini diatur dalam Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor 36 Tahun 2022 tentang Tata Cara Perjalanan Domestik Melalui Angkutan Udara di Masa Pandemi Covid-19.

Kebijakan ini berlaku sejak 5 April 2022. Bagi Anda yang ingin mudik menggunakan pesawat, disarankan untuk tidak lalai mengisi e-HAC.

Lantas, bagaimana cara mengisi e-HAC mudik Lebaran 2022 bagi pemudik yang menggunakan pesawat terbang?

Dirangkum dari laporan sebelumnya, cara pengisian e-HAC di aplikasi PeduliLindung untuk wisatawan domestik yang menggunakan transportasi udara antara lain:

1. Unduh versi terbaru aplikasi Cares Protect

2. Buat akun baru atau login jika sudah memiliki akun PeduliLindung

3. Klik fitur ‘e-HAC’, lalu pilih ‘Buat e-HAC’

4. Pilih ‘Domestik’ untuk wisatawan domestik

5. Pilih sarana perjalanan ‘Air’

6. Pilih tanggal dan isi nomor penerbangan

7. Jika nomor penerbangan tidak ditemukan, isi data penerbangan secara manual dengan memilih nama maskapai, bandara keberangkatan, dan tujuan

8. Pastikan informasinya benar, lalu klik ‘Lanjutkan’

9. Isi ‘Data Pribadi’, bisa diisi maksimal 4 orang sekaligus

10. Selanjutnya Anda bisa mengecek kelaikan udara. Jika sudah dinyatakan ‘fit to fly’, pilih simpan informasi yang sudah kamu isi sebelumnya

11. Setelah itu, pilih ‘Konfirmasi’ dan selesai

Perlu diketahui, jika pemudik mendapat status ‘tidak layak terbang’, validasi manual dapat dilakukan dengan menunjukkan sertifikat vaksin dan antigen atau hasil tes RT-PCR di PeduliLindung atau dokumen fisik kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bandara.

Baca Juga :  Sains menjelaskan bahwa bulan tidak bercahaya, tetapi memantulkan sinar matahari seperti yang terdapat dalam Alquran: Okezone techno

(amj)