Cara Mengatasi Speaker HP Terkena Air Salah satunya Direndam Beras : Okezone techno

JAKARTA – Bagaimana menangani speaker HP terkena air perlu diketahui oleh pengguna, karena bila terjadi akan mengganggu kualitas yang keluar dari perangkat, atau mempengaruhi pengaturan volume hingga speaker rusak total.

Mengingat teknologi saat ini jauh lebih canggih, banyak ponsel yang sekarang dirancang untuk tahan terhadap paparan air, tetapi banyak orang masih menggunakan perangkat yang lebih tua.

Artinya speaker HP mereka berisiko rusak jika terkena air karena desainnya yang tidak didukung oleh teknologi waterproof seperti keluaran terbaru.

Lalu bagaimana cara mengatasi speaker HP terkena air? Dirangkum dari berbagai sumber, rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Membersihkan HP dari Air

Pembersihan ponsel saat terendam air perlu dilakukan, hal ini untuk menghilangkan pengembunan atau sisa debu yang menempel pada speaker. Misalnya hanya membersihkan bagian luar, bisa sedikit membantu menghilangkan suara kresek dari speaker.

2. Rendam dalam Beras

Beras memiliki sifat yang mampu menyerap air dengan sangat baik, sehingga dapat mengeringkan komponen HP yang lembab termasuk speaker. Untuk melakukan ini, siapkan nasi dalam mangkuk atau wadah, lalu kubur ponsel di dalamnya.

3. Keringkan dengan Kipas Angin atau Pengering Rambut

Langkah lain yang bisa dicoba adalah melepas komponen dan meletakkannya di depan kipas. Arahkan kipas agar fokus pada speaker HP untuk pengeringan maksimal. Lakukan ini selama kurang lebih 5 jam sampai air di speaker HP benar-benar kering.

Selain menggunakan kipas angin, Anda juga bisa memilih pengering rambut. Sebab, pengering rambut ini bisa melepaskan panas yang bisa digunakan untuk mengeringkan embun air yang menempel di speaker.

4. Sesuaikan volumenya

Selanjutnya cek setting volume HP dengan membuka menu setting, lalu pilih menu suara dan atur volumenya. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah suara yang dikeluarkan oleh speaker masih normal atau tidak.

Baca Juga :  Tips Menghemat Baterai HP saat Mudik Lebaran 2022 : Okezone techno

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi speaker HP terkena air, semoga bermanfaat.

Baca juga: TeraBox Mendukung Pengunggahan Jarak Jauh!

(amj)