Cara membuat film yang dibuat hanya dengan smartphone : Okezone techno

JAKARTA – Teknologi kamera aktif smartphone telah berkembang sangat pesat, bahkan sekarang mampu merekam video untuk dijadikan film.

Sutradara Andri Cung, yang membuat webseries “My New Rules of Journey” untuk program Samsung Galaxy Movie Studio 2022, menggunakan Galaxy S22 Ultra 5G selama pengambilan gambar untuk serial tersebut.

Ia membagikan sejumlah tips agar smartphone bisa digunakan secara maksimal untuk membuat film.

1. Teknologi Gerakan Kamera Sinematik untuk adegan bergerak

Andri Cung mendapat tantangan untuk memotret dengan setting yang natural, ia perlu merekam adegan-adegan yang bergerak, misalnya mengikuti pemain yang berlari bersama anak-anak di kampung adat hingga adegan di dalam mobil.

Untuk pemandangan seperti ini, ia mengandalkan teknologi Cinematic Camera Movement pada kamera belakang untuk menghasilkan gambar yang halus dan stabil dengan gerakan minimal. Kemampuan kamera Galaxy S22 Ultra 5G, menurut Andri, bisa membuat gambar lebih hidup dan dinamis.

2. Fitur framerate otomatis saat cahaya panas

Lokasi syuting webseries “My New Rules of Journey” berada di Sumba, Nusa Tenggara Timur, dimana matahari sedang bersinar. Cahaya terang bisa membuat rekaman overexposure atau terlalu terang.

Ponsel Galaxy S22 Ultra 5G memiliki fitur auto framerate yang dapat mengatur tingkat kecerahan saat merekam gambar. Saat dalam kondisi cahaya yang panas, kamera dapat mengatur fps dan kecepatan rana agar mendapatkan kecerahan yang tepat dan menangkap detail dengan baik.

3. Fitur nightografi

Tak hanya cahaya terang, memotret dalam cahaya redup juga menghadirkan tantangan tersendiri. Andri perlu memotret sunset di Sumba.

“Golden hour adalah waktu yang sangat singkat karena hanya dalam beberapa menit, momen tersebut bisa hilang,” kata Andri Cung.

Baca Juga :  Fenomena Langit yang Terjadi Selama Ramadhan 2022, Hujan Meteor Salah satunya: Okezone techno

Fitur Nightography dapat digunakan untuk mengambil gambar sedekat mungkin dengan warna aslinya. Ponsel akan memaksimalkan pencahayaan alami di lingkungan sekitar saat kondisi rendah.

4. Baterai dan layar besar

Syuting film pasti dilakukan dalam waktu yang lama, dari pagi hingga larut malam. Oleh karena itu, dibutuhkan ponsel dengan daya baterai yang besar dan tahan lama.

Selain itu, layar yang kaya warna dan dapat memuat detail juga dibutuhkan agar hasil rekaman menjadi jernih.

5. Fashion Pro

Saat memotret, Andri menggunakan Pro Mode untuk mengatur pengaturan kamera secara bebas, seperti ISO, kecepatan rana, dan white balance. Mode Pro pada Galaxy S22 Ultra 5G juga memiliki pengaturan untuk mikrofon.

(amj)