Besok Gerhana Matahari Bisa Disaksikan Langsung, Berikut Wilayah yang Terdampak : Okezone techno

JAKARTA – Jelang Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) 2022 Gerhana Matahari Sebagian akan terjadi, fenomena ini merupakan salah satu dari empat gerhana yang bakal berlangsung sepanjang tahun ini.

Pusat Sains Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam keterangan resminya mengatakan, fenomena gerhana pertamanya adalah Gerhana Matahari Sebagian.

“Gerhana Matahari Sebagian adalah fenomena astronomis ketika Bumi, Bulan, dan Matahari terletak pada satu garis lurus, permukaan Matahari yang teramati dari Bumi hanya tertutup sebagaian saja oleh Bulan,” tulis BRIN, dikutip Jumat (29/4/2022).

Hal ini, disebabkan oleh bayangan Bulan yang jatuh di permukaan Bumi cuma bayangan penumbra/semu saja, sedangkan bayangan umbra inti berada di luar permukaan Bumi.

“Wilayah yang tertutupi oleh bayangan penumbra Bulan akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian, sementara wilayah yang tertutup oleh bayangan umbra Bulan bakal mengalami Gerhana Matahari Total.

Disebutkan, Gerhana Matahari Sebagian ini puncaknya akan terjadi pada 30 Arpi; 2022 pukul 20.41 UT atau 1 Mei 2022 sekitar pukul 03.41 WIB.

Gerhana ini, merupakan gerhana ke-66 dari 71 gerhana dalam siklus Saros 119. Magnitudo (lebar) maksimum gerhana kali ini mencapai 63,89 persen diameter sudut Matahari.

Sementara itu, Gerhana ini hanya bisa disaksikan di Pasifik Tenggara dan sebagian Amerika Selatan. Artinya, tidak dapat disaksikan di Indonesia karena tidak dilalui bayangan penumbra Bulan.

“Gerhana Matahari Sebagian kali ini, bertepatan dengan konjungsi akhir bulan Ramadan 1443 H, sehingga hilal kemungkinan dapat disaksikan ketika Matahari terbenam, setelah gerhana,” ungkap BRIN.

(amj)

Baca Juga :  Update Terbaru WhatsApp, Tidak Bisa Lagi Menyimpan Obrolan Otomatis di iPhone! : Okezone techno