Berkat Data NASA, Ilmuwan Berhasil Ungkap Suara Memiliki Efek Penundaan di Mars : Okezone techno

JAKARTA – Penjelajah bajak sendiri NASA telah menangkap berbagai suara dari Planet Merah, termasuk suara angin dan dengungan keras di atmosfer, sejak mendarat di Mars setahun yang lalu.

Dilansir dari Engadget, Senin (4/4/2022), suara-suara tersebut terekam dan berhasil membantu para ilmuwan menemukan bahwa pergerakan suara di Mars berbeda dengan di Bumi.

Dalam jurnal penelitian yang baru-baru ini diterbitkan, dikatakan bahwa suara bergerak lebih lambat di Mars. Ini karena atmosfer karbon dioksida di Mars lebih tipis daripada di Bumi.

Di Bumi, suara biasanya bergerak dengan kecepatan 767 mil per jam. Tetapi di Mars, para ilmuwan telah menemukan bahwa suara bernada rendah bergerak sekitar 537 mil per jam dan suara bernada tinggi pada 559 mil per jam.

“Di Bumi, suara dari orkestra terdengar dengan kecepatan yang sama, rendah atau tinggi. Tapi di Mars, jika kita agak jauh dari panggung, suaranya akan tertunda,” kata pemimpin penulis studi Sylvestre Maurice.

Suara juga menempuh jarak yang lebih pendek karena atmosfer planet yang tipis. Di Bumi, suara sulit didengar dari jarak sekitar 213 kaki, sedangkan di Mars suara mulai terputus-putus setelah hanya 13 kaki.

Jadi mengobrol di Mars akan lebih sulit dilakukan daripada di Bumi. Temuan ini memberikan gambaran tentang seberapa besar atmosfer mirip Mars akan mengubah persepsi kita tentang dunia.

(amj)

Baca Juga :  Ilmuwan Ungkap Laut hingga Angin Melekat dengan Bumi Serupa Tertulis di Alquran : Okezone techno