Al-Qur’an dan Sains Ungkap Rahasia Manusia Gua Awet Muda yang Tidur 309 Tahun : Okezone techno

JAKARTAAshabul Kahfi adalah julukan untuk tujuh pemuda yang ditidurkan Allah SWT di dalam gua selama ratusan tahun, meskipun mereka tidur selama ratusan tahun, pemuda itu tetap muda setelah bangun dari tidur panjangnya.

Dirangkum dari Popular Islamic YouTube, Rabu (30/3/2022), Alquran Menjelaskan Rahasia awet muda Ashabul Kahfi yang terjadi di sebuah tempat bernama Gunung Pion atau Gunung Api.

Kisahnya, menceritakan bagaimana sekelompok pemuda mukmin bersembunyi di sebuah gua, dijelaskan dalam Al-Qur’an. Allah SWT berfirman:

لَيْكَ اَهُمْ الْحَقِّۗ اِنَّهُمْ ا

“Kami ceritakan kepadamu (Muhammad) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambahkan kepada mereka petunjuk” (QS Al-Kahfi: 13)

Ketujuh pemuda mukmin itu bersembunyi di sebuah gua dari kejaran tentara, kemudian ditidurkan oleh Allah SWT selama kurang lebih tiga abad. Allah SWT berfirman:

الوа wo reaszi-early oleh Jesus Dreadornian Sluments

“Dan kamu mengira bahwa mereka tidak tidur, ketika mereka tertidur; dan Kami putar mereka ke kanan dan ke kiri, sementara anjing-anjing mereka membentangkan tangan mereka di pintu masuk gua. diantaranya, “(QS. Al-Kahfi: 18)

Pemuda Ashabul Kahfi kemudian terbangun pada masa pemerintahan Maharaja Theodosius II, setelah terbangun pemuda Ashabul Kahfi masih muda meskipun telah ditidurkan selama tiga abad.

Rahasia awet mudanya mereka, disebut karena pancaran sinar matahari yang masuk ke dalam gua dalam keadaan seimbang dan memadai.

Selain itu, mereka berada di area yang luas di dalam gua sehingga sirkulasi udara di dalam gua berjalan dengan baik dan nyaman. Para musafir menjelaskan bahwa bagian kiri tubuh Ashabul Kahfi terkena sinar mentari pagi yang lembut.

Baca Juga :  Jelang Lebaran 2022 Gerhana Matahari Akan Terjadi, Kapan Waktunya? : Okezone techno

Dengan demikian, tubuh mereka terlindungi dari tingkat kebasahan dan suasana pengap di dalam gua inilah yang membuat Ashabul Kahfi muda tetap awet muda meski sudah tidur selama 309 tahun.

Al-Qur’an juga menjelaskan bahwa Allah SWT telah mematikan fungsi pendengaran Ashabul Kahfi saat mereka tertidur. Allah SWT berfirman:

ا لٰٓى اٰذَانِهِمْ الْكَهْفِ ا

“Maka Kami tutup telinga mereka di dalam gua itu selama beberapa tahun” (QS QS Al-Kahfi:11)

Secara ilmiah, mematikan fungsi pendengaran hampir sama dengan anestesi, ketika indera pendengaran dihentikan, penghuni gua bisa tidur nyenyak.

Lain halnya jika pendengaran mereka masih berfungsi normal, pasti akan mempengaruhi kualitas tidur mereka, begitulah cara membuat tidur mereka menjadi istirahat sekaligus membuktikan rahasia awet muda Ashabul Kahfi.

Sebuah penelitian menyebutkan, organ terpenting dalam proses mendengar bukanlah telinga melainkan otak, karena pada dasarnya otaklah yang merespon suara.

Jika kita telusuri kronologis bagaimana suara bisa sampai ke otak, jawabannya pasti dimulai dengan masuknya suara melalui telinga, artinya jika telinga ditutup, otak tidak menerima sinyal apapun.

Pertumbuhan sel dan saraf dalam sistem tubuh manusia semuanya berpusat di otak, sehingga akan berhenti ketika telinga ditutup.

Oleh karena itu, ketika tubuh mereka tidak mengalami pertumbuhan dan perkembangan, mereka tidak mengalami penuaan sehingga tetap awet muda.