Ternyata Alien Ada, Ini Pengakuan Ilmuwan Harvard: Okezone techno

JAKARTA – Profesor sains di Universitas HarvardAvi Loeb, percaya jika Bumi bukan satu-satunya planet yang mendukung kehidupan di atasnya.

Dilansir dari Daily Mail, Senin (28/3/2022), Avi Loeb mengatakan bahwa seperempat dari semua bintang yang diketahui di alam semesta memiliki karakteristik yang layak untuk Bumi, mendorong kemungkinan adanya kehidupan lain di luar angkasa.

“Jadi, sangat arogan bagi kita untuk berpikir bahwa kita (manusia) adalah satu-satunya makhluk cerdas di alam semesta yang luas ini. Faktanya, membayangkan manusia sendirian di luar angkasa bukan hanya lancang, itu omong kosong ilmiah,” kata Loeb.

Kepala proyek Galileo berpendapat bahwa Bumi tidak mungkin menjadi satu-satunya planet yang mendukung kehidupan. Padahal, di galaksi Bima Sakti terdapat sekitar 50 miliar planet, sangat mungkin organisme cerdas telah berevolusi di tempat lain.

Namun, sejauh ini belum ada bukti yang kuat, itulah mengapa objek yang muncul dan direkam dari observatorium Hawaii pada tahun 2017 bernama Oumuamua itu penting.

Berdasarkan buku Loeb, Extraterrestrial: The First Sign of Intelligent Life Beyond Earth, ia menyarankan bahwa itu bisa menjadi tanda keberadaan kehidupan di planet lain.

Oumuamua sendiri, adalah sebuah objek yang bergerak dengan kecepatan tinggi ke Tata Surya, hal ini telah diamati oleh observatorium Hawaii.

Dikutip dari The Guardian, ide Loeb banyak ditentang oleh ilmuwan lain, dan hanya sedikit yang berani menyampaikan ide alien.

Oleh karena itu, menurutnya, seorang ilmuwan harus membuka ruang untuk berdialog dengan alam, bukan sebaliknya. Namun, terkadang alam dapat menampilkan atau memberi sinyal tanda yang berbeda dari pemikiran manusia, dan menurut Loeb seorang ilmuwan harus siap untuk itu.

Baca Juga :  Twitter angkat bicara terkait isu fitur Edit Tweet di platformnya : Okezone techno

Menurutnya, alasan mengapa para ilmuwan enggan membicarakan alien atau UFO karena isu tersebut masih tabu. Adapun penilaian, jika Anda membicarakan hal ini, kredibilitas Anda sebagai ilmuwan akan kandas.

(amj)