Ada Lekukan dan Tanda Cakar Raksasa di Mars, Tindakan Alien? : Okezone techno

JAKARTAMars masih menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan, dengan robot-robot penjelajah dikirim ke Planet Merah, para astronot jadi mengetahui ada banyak hal yang tidak diketahui.

Disadur dari SceinceAlert, Rabu (11/5/2022), Badan Antariksa Eropa (ESA) mengumumkan bahwa pengorbir Mars Express telah menemukan fitur unik geologi di sana dengan detail yang menakjubkan.

Penampilannya, tampak seperti lekukan dan bekas cakar raksasa di permukaan planet tersebut, apakah hal itu tindakan dari aline? Jawabannya bukan.

ESA menjelaskan, lekukan dan tanda cakar raksasa yang berhasil direkam oleh Mars Express itu adalah bagian dari sistem patahan di Planer Merah, dikenal dengan istilah Tantalus Fossae.

Selain detail pada gambar, yang benar-benar mengejutkan adalah menganai skalanya, palung ini memiliki kedalaman hingga 350 meter dan lebar 10 kilometer, serta membentang hingga 1.000 kilometer.

“Patahan Tantalus Fossae adalah contoh yang bagus dari fitur permukaan Mars yang dikenal sebagai grabens. Setiap parit terbentuk ketika dua sesar paralel terbuka, menyebabkan batu di antara itu jatuh ke dalam rongga yang dihasilkan,” jelas ESA.

Sementara itu, fitur serupa juga ditemukan di sisi barat Alba Mons, yang dikenal sebagai Alba Fossae.

(amj)

Baca Juga :  Kaspersky Masuk Daftar Hitam di AS, Dinilai sebagai Gangguan Keamanan : Okezone techno