9 Tips Hemat Kuota Data di Smartphone Paling Ampuh : Okezone techno

JAKARTA – Ada 9 tips hemat kuota Data di smartphone memang paling powerful, mengingat banyak pengguna yang lalai memperhatikan sisa kuota, sehingga tak jarang heran tiba-tiba habis.

Apalagi ketika pengguna harus melakukan Work From Home (WFH) atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tentunya akan lebih menguras kuota data karena digunakan lebih intens untuk menyelesaikan tugas yang ada.

Lalu bagaimana cara menghemat kuota data di smartphone? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 9 tips paling ampuh untuk diterapkan:

1. Gunakan Aplikasi dan Game Offline

Seperti yang kita ketahui, beberapa game membutuhkan akses internet untuk bermain dan ini memakan banyak kuota internet Anda.

Cara yang paling ampuh adalah kamu bisa menggunakan game yang tidak membutuhkan akses internet selama pemutaran, cukup unduh kuota data apa pun.

Begitu juga dengan aplikasi, ada banyak aplikasi menarik yang bisa digunakan secara offline. Aplikasi seperti Instagram, Facebook, YouTube tentunya akan memakan kuota data lebih cepat.

2. Gunakan Batas Data di Latar Belakang

Cara paling mudah untuk menghemat kuota data paket internet Anda adalah dengan mengelola aplikasi Anda atau bahkan sistem Android itu sendiri.

Data latar belakang adalah pemborosan data internet yang terjadi saat Anda tidak menggunakannya. Contohnya adalah sinkronisasi email, update feed, widget cuaca, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Anda dapat mengatur di menu Pengaturan, lalu pilih Penggunaan Data, lalu pilih Batasi Data Latar Belakang.

3. Batasi Streaming Musik atau Video

Layanan streaming berlimpah hari ini. Menggunakan smartphone, Anda dapat mengakses situs streaming YouTube, Spotify, Vie, atau video dan musik lainnya.

Bahkan, dengan menggunakan ini, kuota internet Anda akan cepat habis. Selain itu, akses aplikasi streaming yang berlebihan juga akan menguras daya baterai Anda.

Baca Juga :  Daftar 10 Game Rahasia di Google untuk Ngabuburit : Okezone techno

Tipsnya, coba masukkan musik favorit kamu ke dalam daftar penyimpanan d smartphone. Jika memori internal tidak mencukupi, gunakan microSD.

Jika smartphone Anda tidak memiliki slot untuk microSD, Anda dapat menggunakan flash OTG yang tetap dapat menikmati musik offline.

4. Hapus Aplikasi yang Mengkonsumsi Data

Untuk melakukan ini, buka menu Pengaturan, lalu buka Penggunaan Data, di mana Anda dapat melihat aplikasi mana yang menggunakan data paling banyak, baik di latar depan atau di latar belakang. Ini harus dilakukan untuk mencari tahu di mana aplikasi yang merepotkan itu.

5. Bagikan File Melalui Bluetooth

Saat ini, Anda selalu menggunakan aplikasi perpesanan untuk menyederhanakan proses transfer file antara ponsel cerdas Anda dengan yang lain. Padahal, ini jelas membutuhkan kuota internet Anda. Jadi, menggunakan bluetooth bisa lebih menghemat kuota.

6. Gunakan Wifi saat Memperbarui Aplikasi

Pengguna perlu memeriksa dan memastikan bahwa pembaruan aplikasi hanya dapat dilakukan ketika pengguna terhubung ke wifi. Untuk mengeceknya, pengguna bisa masuk ke Play Store, pilih Settings, Auto-update apps, lalu pilih Auto-update apps over wifi only.

7. Resolusi Video Lebih Rendah

Saat memutar video di YouTube, pengguna dapat mengatur resolusi video. Dengan menurunkan resolusi video, konsumsi data bisa lebih kecil dan proses loading video bisa lebih cepat atau umumnya tidak mengalami buffering.

8. Pantau Penggunaan Data Seluler

Selalu pantau penggunaan data seluler Anda. Lebih tepatnya, Anda harus memantau aplikasi mana yang menggunakan sebagian besar data Anda. Semakin banyak Anda mengetahui aplikasi mana yang dapat menguras kuota data, semakin baik Anda dapat mengelola kuota.

Perangkat Android dilengkapi dengan fitur pemantauan bawaan tetapi Anda juga dapat memilih aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi populer yang akan menunjukkan penggunaan data seluler Anda adalah Onavo Count, tersedia di iOS dan Android.

Baca Juga :  iPhone 14 Bakal Punya Kamera Besar 48 MP : Okezone techno

9. Pantau Sisa Kuota

Kebanyakan orang biasanya terlalu sibuk menggunakan internet, hingga lupa bahwa kuotanya sudah habis. Itu sebabnya Anda harus mengatur alarm untuk memperingatkan Anda saat menggunakan terlalu banyak data.

Di iOS, unduh Manajer Data Saya, aplikasi praktis yang akan memantau penggunaan data ponsel Anda. Sedangkan untuk ponsel Android memiliki pengelola data bawaan (Pengaturan > Penggunaan Data).

Anda dapat mengatur siklus penggunaan data, batas data seluler, memeriksa penyebab yang menyedot sebagian besar bandwidth dan bahkan mengatur koneksi data seluler Anda untuk mati secara otomatis setelah mencapai batas.