7 Cara Mengatasi Wifi Lemot, Dijamin Internetan Seketika Lancar : Okezone techno

JAKARTA – Cara Mengatasi Wifi Pelambatan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Koneksi wifi yang lemah atau lambat tentu menjadi masalah tersendiri. Pasalnya, di zaman sekarang ini kita sangat bergantung pada koneksi internet.

Koneksi wifi yang lambat juga bisa disebabkan oleh berbagai hal. Selain karena jaringan provider sedang mengalami masalah atau sedang dalam perbaikan, penyebab lain juga bisa terjadi.

Misalnya terlalu banyak perangkat yang menggunakan jaringan wifi Anda, posisi router wifi terhalang oleh benda atau dinding, jarak router wifi terlalu jauh, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana 7 cara mengatasi wifi lemot? Dirangkum dengan berbagai cara, berikut informasinya.

1. Atur Frekuensi Saluran Router

Saluran router bisa menjadi penyebab wifi lambat, hal ini terjadi karena saluran router Anda bersinggungan dengan saluran orang lain. Cara mengaturnya adalah dengan masuk ke menu pengaturan saluran router dengan instruksi di manual router wifi Anda. Anda dapat mengubahnya di saluran 1, 6, atau 11.

2. Periksa Sistem Perangkat

Penyebab wifi lambat juga bisa terjadi karena masalah pada sistem perangkat yang Anda gunakan. Seperti update windows sedang berjalan, banyak tab yang terbuka, atau ada sinkronisasi data di laptop atau komputer anda.

3. Batasi Pengguna

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, wifi yang lambat dapat disebabkan oleh banyak perangkat yang menggunakan wifi Anda. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membatasi pengguna agar jaringan tetap stabil.

4. Tingkatkan Paket

Anda dapat mengupgrade paket wifi anda jika merasa koneksi internet anda lambat karena paket internet anda sebelumnya tidak mendukung penggunaan sehari-hari. Anda dapat mencari paket wifi dengan kecepatan download dan upload yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga :  Ilmuwan Ungkap 2 Kg Gas Langka di Inti Bumi Bocor Setiap Tahun : Okezone techno

5. Mulai Ulang Router

Restart router bisa menjadi cara alternatif mengatasi koneksi wifi yang lemot. Yang harus Anda lakukan adalah mematikan router dengan menekan tombol power, lalu tunggu 10 – 20 detik sebelum menyalakannya kembali.

6. Periksa Posisi Antena Router

Jika Anda menggunakan router dengan satu antena, pastikan antena menghadap tegak lurus. Namun, jika Anda menggunakan router dengan dua antena, Anda dapat memposisikannya secara vertikal dan yang lainnya menyamping.

7. Instal Router di Open

Koneksi wifi bisa lambat karena Anda salah meletakkan router. Sebaiknya, pasang router wifi Anda di tempat terbuka dengan meminimalkan penghalang seperti dinding, lemari, dan sebagainya.

Itulah informasi yang bisa Okezone sampaikan tentang 7 cara mengatasi wifi lemot. Semoga bermanfaat.

(amj)