5 Proyek Penelitian Manusia Yang Dinilai Melampaui Kodrat Tuhan : Okezone techno

JAKARTA – Beragam inovasi yang menunjang kehidupan manusia telah hadir berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, keinginan untuk menemukan hal-hal baru juga tidak padam.

Ilmuwan di seluruh dunia hingga saat ini terus melakukan penelitian untuk mengembangkan atau menciptakan sesuatu yang baru, sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Bahkan, sejumlah proyek ilmiah yang menggebu-gebu melampaui keterbatasan manusia telah dilakukan, misalnya keinginan untuk bisa bernapas di Mars, dan masih banyak lagi.

Atas dasar itu, beberapa pihak menilai ambisi tersebut juga seolah ingin melampaui kodrat Tuhan.

Dirangkum dari laporan Okezone sebelumnya, berikut sejumlah proyek ilmiah yang ingin melampaui keterbatasan manusia dan kodrat Tuhan.

1. Bernapaslah di Mars

NASA dikabarkan sedang mengembangkan teknologi futuristik terbaru, yaitu sebuah perangkat yang dapat membantu manusia bernafas di planet lain, terutama Mars. Pengembangan alat ini merupakan bagian dari program Innovative Advanced Concepts NASA.

Belakangan, sekelompok ilmuwan termasuk ahli astrobiologi Cyprien Verseux sedang mengembangkan teknik untuk menghasilkan oksigen di Mars melalui cyanobacteria.

2. Mencegah Penuaan

Seorang ilmuwan ternama mengklaim, perkembangan ilmiah mungkin bisa mencegah proses penuaan pada manusia dalam dua dekade mendatang.

Demikian menurut seorang ilmuwan terkenal yang bekerja dengan Altos Labs, yaitu Juan Carlos Izpisua, seorang peneliti Spanyol berusia 61 tahun yang dikenal dengan karyanya di bidang tersebut.

Pada Januari 2022, Altos Labs mengumumkan bahwa mereka ingin memungkinkan manusia untuk hidup lebih lama dan lebih sehat. Itu adalah tujuan yang tampaknya dikejar banyak orang.

3. Membuat Replika Matahari di Bumi

China dan Inggris merupakan dua negara yang sedang berlomba-lomba menciptakan replika Matahari, dimana energi yang dihasilkan nantinya dapat digunakan oleh manusia.

Baca Juga :  Cara Mengatur Jarak Wifi untuk Mengatur Jangkauan Sinyal : Okezone techno

Matahari buatan ini, dibuat berdasarkan teknologi reaktor fusi nuklir. Diyakini, nantinya jika replika Matahari ini berhasil disempurnakan, akan menghasilkan energi baru yang tak terbatas.

4. Menghidupkan Kembali Hewan Purba

Para ilmuwan dari Harvard Medical School di Boston, Massachusetts, menggunakan sampel DNA mammoth wol yang dikumpulkan dan menggabungkannya dengan DNA gajah dari Asia.

Sekarang, para ilmuwan sedang mencoba untuk membuat apa yang disebut gajah Arktik dalam upaya untuk menyelamatkan setidaknya gen mammoth berbulu dari kepunahan.

5. Rahim Buatan dan Janin Robotik

China dilaporkan sedang mengembangkan rahim buatan dan janin robotik bertenaga AI. Perkembangan ini dilakukan oleh para ilmuwan dari Institut Teknik dan Teknologi Biomedis Suzhou.

Rahim buatan, ditempatkan dalam kubus khusus berisi cairan kaya nutrisi, dan pengasuh robot akan memantaunya saat menjadi janin.

Menurut para ilmuwan, rahim buatan ini dapat menghilangkan kehamilan selama masa kehamilan pada seorang ibu, dan diklaim dapat meningkatkan keamanan embrio yang sedang berkembang.