5 Manfaat Menggunakan Smartwatch yang Sedang Trend Saat Ini : Okezone techno

JAKARTAJam tangan perkembangannya semakin pesat, hingga lahirlah smartwatch. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk mengakses notifikasi obrolan atau media sosial yang terhubung dengan smartphone.

Diolah dari laman Britannica, Rabu (30/3/2022), keberadaan jam tangan pintar dinilai sangat membantu pengguna, apalagi jika bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Kemudian, alat ini juga memiliki fungsionalitas yang lebih besar dan harus dimaksimalkan oleh pengguna agar jam tangan yang satu ini menjadi sangat pintar saat digunakan.

Lantas apa saja keuntungan menggunakan jam tangan pintar yang sedang menjadi tren saat ini? Simak penjelasan berikut ini:

1. Pelacakan Kebugaran dan Olahraga

Salah satu fungsi utama jam tangan pintar dan banyak dicari orang adalah tersedianya berbagai mode olahraga, serta dapat digunakan sebagai pelacak kebugaran oleh para pecinta olahraga.

Jadi dengan fitur fitness tracker, Anda bisa melihat data pedometer olahraga seperti jumlah kalori, waktu olahraga, detak jantung, dan jarak yang ditempuh sesuai dengan mode olahraga yang dipilih.

Misalnya, Anda memilih olahraga bersepeda, jam tangan pintar ini mampu menampilkan data kalori, jarak bersepeda, dan berapa lama pengguna telah bersepeda.

Kemudian juga dapat membantu mencapai tujuan dengan lebih mudah, karena terhubung dengan penggunaan aplikasi dari smartwatch di smartphone. Untuk berenang, jam tangan pintar ini juga memiliki teknologi IP67 hingga 3ATM.

2. Disiplin Tidur

Kemudian manfaat lain dari smartwatch yang bisa digunakan adalah sleep monitor, hal ini berguna agar tidur menjadi lebih teratur. Jam tangan pintar sekarang dilengkapi dengan fitur monitor tidur untuk menunjukkan pelacak yang mengidentifikasi tahapan tidur yang berbeda, dan mengelola serta merekam pola tidur.

Sehingga nantinya dalam aplikasi akan diberikan data ringkasan lengkap dan solusi untuk mencapai pola tidur yang dibutuhkan oleh setiap pengguna.

Baca Juga :  Kapan gerhana matahari pertama kali tercatat? Siapa pelakunya? : Okezone techno

3. Pantau Kesehatan Tubuh

Kemudian jam tangan pintar juga harus dilengkapi dengan fitur daily monitoring, berguna untuk merekam aktivitas sehari-hari yaitu real time monitoring kesehatan seperti detak jantung, jumlah langkah, tekanan darah, kadar oksigen darah, dan kualitas tidur untuk memantau kesehatan tubuh sepanjang hari.

Menariknya, beberapa smartwatch juga memiliki fitur pemantauan suhu tubuh dengan cara yang mudah, yaitu fitur MET (Metabolic Equivalent Task) yang merupakan fitur untuk mengukur intensitas dan pengeluaran energi fisiologis setelah melakukan aktivitas fisik, Breathe untuk melatih atau mengatur pernapasan.

Kemudian monitor tekanan tekanan yang menggunakan data detak jantung seperti bpm untuk menentukan interval antara setiap detak jantung. Fitur ini dengan cepat memberikan perkiraan tingkat stres Anda dan dapat melacaknya sepanjang hari.

4. Hemat Daya Ponsel Cerdas yang Terhubung

Dengan mobilitas yang tinggi, penggunaan smartphone harus sering di-charge setiap hari. Namun, jika Anda menggunakan jam tangan pintar, secara tidak langsung juga menghemat penggunaan baterai smartphone.

Ini karena beberapa fungsinya, bisa Anda lakukan melalui pergelangan tangan Anda, seperti membaca notifikasi, mengangkat telepon, dan lain-lain.

5. Modis

Selain memiliki keunggulan smart yang telah disebutkan sebelumnya, keunggulan terakhir dari smartwatch adalah sebagai pelengkap atau aksesori untuk mempercantik penampilan pemakainya, menambah sentuhan berkelas yang dibalut kecanggihan.

Selain itu, pengguna diberi kebebasan untuk mengganti tampilan jam dan tali jam pintar sesuai keinginan. Anda akan terlihat lebih modis dan kekinian.