5 Kebiasaan Bikin HP Cepat Rusak, Asal Pilih Charger Salah Satunya : Okezone techno

JAKARTA – Pengguna handphone (HP) yang sering gonta-ganti merek dan merasa perangkat gampang rusak coba renungi lagi. Mungkin, kecerobohan dalam penggunaannya jadi penyebabnya.

Diketahui, HP merupakan barang elektronik yang rentan sekali rusak. Untuk itu, perlu berhati-hati dalam menggunakannya, jangan kasar dan terkesan asal-asalan.

Pastikan juga tidak melakukan kebiasaan yang dapat mempersingkat usia HP. Hal ini, memang jarang disadari, oleh karenanya penting untuk mengetahui kebiasaan yang harus dihindari.

Berikut adalah kebiasaan buruk yang wajib dihindari agar HP tahan lama, melansir dari Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rabu (11/5/2022):

1. Tak Pakai Screen Protector

Memang, HP kekinian layarnya sudah menggunakan bahan canggih. Tetapi kalau mau aman dan tenang, tetap harus dengan pakai screen protector.

2. Charging saat Nol Persen

Seiring waktu, baterai HP akan mengalami penurunan. Biar performanya tetap bagus, sebaiknya segera sambungkan charger jika indikatornya tinggal 30 persen.

3. Malas Update Software

Malas update software adalah kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan. Padahal rajin update software bukan cuma bisa buat HP awet, tetapi juga bisa meningkatkan kinerja dan keamanannya.

4. Asal Pilih Charger

Memang untuk melakukan pengecasan tidak harus pakai charger bawaan. Tetapi sebisa mungkin harus selektif memilih kabel dan adaptor.

5. Membiarkan Charger Tercolok

Meski ada HP yang otomatis menghentikan pengisian, membiarkan charger terus menancap dapat membuat HP cepat panas dan bisa merusak baterai.

Itulah kebiasaan buruk yang kerap diabaikan para pengguna HP. Kalau HP kalian rusak, jangan langsung menyalahkan perangkatnya, coba berkaca lagi.

(amj)

Baca Juga :  Mengenal Teknologi RPA pada Gardu Tol Otomatis : Okezone techno