4 Ciri Akun Bank Palsu di Medsos dan Cara Menghindarinya : Okezone techno

JAKARTA Penjahat siber sepertinya tidak pernah kehabisan akal, mereka terus mengembangkan kemampuannya dalam menjaring korban.

Terbaru dan yang lagi marak, yaitu mereka mengaku-ngaku sebagai akun costumer service bank di media sosial (medsos). Penipuan dengan cara ini, kerap dijumpai di Twitter.

Biasanya, mereka akan muncul ketika pengguna membuat cuitan keluhan atau mengajukan pertanyaan seputar bank. Mereka akan berpura-pura membantu.

Para penipu ini, memanfaatkan kepanikan nasabah suatu bank yang memposting keluhan di medsos. Umumnya, mereka menggunakan bot auto-reply untuk meyakinkan sekaligus menggiring korban agar terjerumus.

Ketika melancarkan aksinya, mereka akan lebih dulu meminta nasabah untuk mengisi form online. Kalau sudah menemukan hal ini, sudah sepatutnya hati-hati karena costumer service bank seharusnya tidak akan meminta data pribadi.

Berikut ini adalah ciri-ciri akun bank bodong yang wajib dihindari, seperti dilansir dari Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jumat (13/5/2022).

Ciri Akun Bank Palsu

– Username mirip dengan akun asli suatu bank

– Membalas komentar atau pesan dengan cepat via bot

– Jika korban membalas, akan diarahkan chat ke WhatsApp

– Pura-pura mengajukan pertanyaan untuk mengumpulkan data pribadi korban

Jika sudah mengetahui ciri-ciri akun palsunya, ketahui juga cara menghindarinya. Adapun menghindari akun bodong adalah sebagai berikut:

– Mute notifikasi dari akun yang mencurigakan

– Jangan asal klik link, periksa URL dengan teliti

– Ingat bahwa akun resmi perusahaan pasti sudah verified (punya centang biru)

Demikian ulasan mengenai empat ciri kkun bank palsu di medsos dan cara menghindarinya, semoga bermanfaat.

(amj)

Baca Juga :  Serbu Produk Home & Appliance di AladinMall by Mister Aladin, Promonya Gak Masuk Akal hingga 83 Persen! : Okezone techno