4 Cara Mengetahui Siapa yang Menggunakan WiFi Kami : Okezone techno

JAKARTA – Ada cara untuk mengetahui siapa yang menggunakan Wifi kita. WiFi sendiri, menjadi salah satu jaringan yang saat ini banyak digunakan, baik di rumah maupun di fasilitas umum lainnya.

Umumnya untuk menjaga akses jaringan WiFi, pemilik akan mengaktifkan sistem keamanan berupa password atau sandi. Hanya saja teknologi yang semakin canggih kerap dimanfaatkan untuk hal-hal buruk, seperti membobol WiFi.

Jadi, tidak mengherankan jika banyak pemilik merasa kesal karena pelanggaran tersebut memengaruhi koneksi dan dapat meningkatkan risiko keamanan. Sehingga perlu adanya perlindungan terhadap akses WiFi berupa pengecekan berkala terhadap perangkat yang terhubung.

Lantas bagaimana cara mengecek atau mengetahui pengguna WiFi? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Ada beberapa cara untuk mengetahui siapa yang menggunakan WiFi mulai dari menggunakan akses modem, menggunakan bantuan software, dan aplikasi di smartphone.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut empat cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi:

1. Pemindai IP Tingkat Lanjut Perangkat Lunak

Advance IP Scanner merupakan salah satu software yang menyediakan fitur yang berguna untuk mengetahui perangkat apa saja yang terhubung dengan WiFi.

Software ini, sudah banyak digunakan karena selain memiliki fitur yang apik, juga memiliki keunggulan dalam menyediakan fitur-fitur menarik lainnya.

Pengguna hanya diharuskan mengisi alamat IP Router sebelum dapat mengakses aplikasi ini secara penuh. Tidak hanya memiliki tools yang menarik, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur unik lainnya, salah satunya adalah kemampuannya untuk memindai alamat IP dengan cepat dan tepat.

2. Aplikasi Android FING

FING adalah aplikasi Android yang dapat digunakan untuk mendeteksi WiFi. Selain bisa mengetahui perangkat mana saja yang terhubung dengan WiFi, ada banyak fitur menarik di dalam aplikasi ini. Jadi jangan heran, ini sering digunakan di ponsel Android. Caranya sangat mudah, sebagai berikut:

Baca Juga :  Cara Menghapus Semua Tweet di Twitter dengan Aplikasi Tambahan: Okezone techno

– Unduh aplikasi dari play store

– Masuk ke menu utama, sambungkan dulu perangkat HP dengan WiFi

– Klik fitur scan, dan secara otomatis akan melihat siapa yang menggunakan jaringan WiFi.

3. Modem ZTE

Modem yang satu ini umumnya diberikan oleh indihome kepada penggunanya. Untuk dapat mengetahui password dan merubahnya juga diperlukan akses modem, selain itu untuk mengetahui siapa yang menggunakan WiFi juga dapat mengecek modem yang dibawa oleh Telkom Speedy. Untuk mengetahui caranya simak langkah-langkah berikut ini

– Buka akses modem pada perangkat PC/Laptop/Smartphone.

– Akses halaman IP 192.168.1.1 / 192.168.100.1 atau ip yang diberikan petugas Telkom saat memasang modem.

– Kemudian login, jika anda belum pernah mengganti password dan username anda bisa mengisi Username : Admin/user serta password: Admin/User.

– Lanjutkan dengan mencari menu Jaringan > WLAN > Perangkat Terkait.

– Maka secara otomatis akan terlihat siapa yang mengakses WiFi.

– Jika Anda sudah tahu siapa yang memiliki akses, Anda dapat mengubah kata sandi atau memblokir pengguna. Untuk melakukan pemblokiran, Anda dapat mengakses menu Network > Access Control pada modem ZTE.

4. CMD

Command Prompt (CMD) juga biasa digunakan untuk mengetahui perangkat mana saja yang terhubung dengan WiFi. Bagi yang sering menggunakan CMD tentunya sudah tidak asing lagi dengan kode-kode command line di Windows. Metodenya adalah sebagai berikut:

– Tekan Win + R di PC/laptop.

– Di Windows 10, cari tombol pencarian di kiri bawah lalu ketik CMD, maka perintah CMD akan otomatis muncul.

– Langkah selanjutnya adalah mengetikkan perintah net view.

– Selanjutnya, ketik lagi perintah arp-a.

– Maka secara otomatis akan melihat siapa yang mengakses WiFi.

Baca Juga :  9 Tips Rahasia Supaya Password Tak Mudah Dibobol Hacker : Okezone techno

Demikian penjelasan empat cara mengetahui siapa saja yang menggunakan WiFi kita. Semoga membantu.