15 Startup Terpilih yang Lulus Startup Studio Indonesia Batch 4: Okezone techno

JAKARTA – Sebanyak 15 startup (memulai) terpilih untuk mengikuti program inkubasi intensif “batch” 4 Startup Studio Indonesia yang diprakarsai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Kami dengan tulus mengucapkan selamat kepada 15 startup yang telah terpilih dan mengikuti program Startup Studio Indonesia batch 4,” kata Dirjen Aplikasi Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam acara virtual, Senin (4/4/2022).

Semuel mengatakan, pemilihan 15 startup tersebut telah melalui proses seleksi yang ketat oleh dewan kurator, menghilangkan ribuan pendaftar dari berbagai daerah di Tanah Air.

BACA JUGA: Kominfo: Kunci Sukses Startup Studios Indonesia ada di Tim Coach

Penilaian dilakukan berdasarkan profil pendiri startup, daya tarik, potensi untuk meningkatkan sektor dan industri, serta faktor diferensiasi dan lokalitas masing-masing startup.

Ke-15 startup terpilih tersebut adalah Transporta, Wilov, Mufit, Envio, Allure AI, Ternaksia, OkeGarden, Paygua, Kendali, Surplus, Friendchised, Seryu Cargo, Universitas 123, Kibble, dan Aksel.

Program Startup Studio Indonesia gelombang keempat akan berlangsung dari April hingga Juli 2021 dengan tema “Lebih Banyak Brainstorming, Lebih Sedikit Kelas”.

BACA JUGA: Kerumunan Startup Agri-Technology Permudah Akses Petani ke Pasar

Semuel mengatakan Startup Studio Indonesia fokus memberikan pengetahuan dan wawasan praktis melalui sesi pelatihan oleh lebih dari 60 trainer yang aktif dan praktisi startup terkemuka.

Sesi pelatihan akan fokus membahas iterasi penggunaan produk dan model bisnis, serta meningkatkan retensi penggunaan produk sebelum memasuki tahap perluasan pasar.

Hal ini dilakukan untuk membantu mempersiapkan mereka menghadapi ketidakpastian pasar.

“Pelaksanaan Startup Studio Indonesia gelombang ke-4 ini menekankan pada semangat kolaborasi antar pelaku startup untuk bersama-sama membangun ekosistem ekonomi digital yang kuat melalui transfer pengetahuan, character building, dan kompetensi startup yang berdaya saing tinggi,” ujar Semuel.

Baca Juga :  Ilmuwan Ungkap Keajaiban Kurma Mampu Bunuh Sel Kanker, Seperti Tertulis di Alquran : Okezone techno

Startup terpilih akan mengikuti Founder’s Camp dan sesi 1-on-1 Coaching terkait product-market-fit selama empat bulan.

Rangkaian program Startup Studio Indonesia kemudian akan ditutup dengan Milestone Day, dimana para startup berkesempatan untuk mempresentasikan model bisnis dan pencapaiannya di hadapan para pemangku kepentingan industri startup.

“Kami berharap melalui program ini Kementerian Komunikasi dan Informatika dapat menghasilkan 150 startup digital pada tahun 2024 yang telah berhasil mengembangkan skala bisnisnya dari sisi jumlah pengguna, total pendapatan, penyerapan tenaga kerja, dan pendanaan dari modal ventura,” kata Semuel. .

Startup Studio Indonesia merupakan program Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertujuan untuk membantu dan membina startup digital yang sedang dalam proses product-market fit agar dapat berkembang lebih pesat.

Diluncurkan pada tahun 2020, Startup Studio Indonesia telah berkembang menjadi salah satu program inkubasi dan akselerasi startup paling populer di Indonesia.