10 Jenis Hewan Yang Ternyata Kawin Sejenis, Ini Daftarnya : Okezone techno

JAKARTA – Fenomena alam yang sering terjadi di dunia hewan. Sebuah penelitian menunjukkan sekitar 1.500 spesies hewan diketahui mempraktikkan hubungan sesama jenis, mulai dari serangga, ikan, burung, dan mamalia.

Perilaku kawin sesama jenis ditemukan di antara burung dan mamalia sosial, terutama mamalia laut dan primata. Berikut 10 hewan yang kawin dengan sesama jenis seperti dikutip: Sindonews.com dari Situs DW:

BACA JUGA: Ilmuwan Ungkap Kepulauan Indonesia yang Diilustrasikan Jelas dalam Al-Qur’an

1. Singa

Perkawinan sesama jenis juga umum di antara singa. Dua hingga empat jantan sering membentuk apa yang dikenal sebagai koalisi, di mana mereka bekerja sama untuk kawin dengan singa betina. Untuk memastikan kesetiaan, singa jantan memperkuat ikatan mereka dengan berhubungan seks satu sama lain. Banyak peneliti menyebut perilaku ini sebagai “bromance” klasik daripada pasangan homoseksual.

2. Lumba-lumba

Hidung Botol Lumba-lumba hidung botol betina dan jantan menunjukkan perilaku kawin sesama jenis. Termasuk tindakan lisan di mana satu lumba-lumba merangsang yang lain dengan moncongnya.

Di dunia lumba-lumba hidung botol, perkawinan sesama jenis terjadi dengan frekuensi yang hampir sama dengan permainan heteroseksual. Lumba-lumba hidung botol jantan umumnya biseksual tetapi mereka mengalami periode menjadi homoseksual secara eksklusif.

3. Jerapah

Hewan berleher panjang ini dikenal lebih sering kawin dengan sesama jenis daripada lawan jenis. Faktanya, penelitian mengatakan perkawinan sesama jenis menyumbang lebih dari 90 persen dari semua aktivitas seksual yang diamati pada jerapah.

4. Bison

Aktivitas kawin sesama jenis antara banteng jantan lebih umum daripada kopulasi heteroseksual. Itu karena pejantan betina hanya kawin dengan pejantan jantan sekitar setahun sekali. Selama musim kawin, pejantan didorong untuk melakukan aktivitas sesama jenis beberapa kali sehari. Jadi, lebih dari 50 persen banteng jantan muda melakukan aktivitas kawin sesama jenis menunggu banteng betina siap kawin dengan mereka.

Baca Juga :  Ilmuwan Jelaskan Air Membentuk Sel Kehidupan Bumi Seperti Tercantum dalam Alquran : Okezone techno

5. Kera

Kera betina dan kera jantan juga terlibat dalam kegiatan kawin sesama jenis. Tetapi kera jantan biasanya hanya melakukannya untuk satu malam, sedangkan kera betina membentuk ikatan yang kuat satu sama lain dan biasanya monogami.

Di beberapa populasi kera, perkawinan sesama jenis di antara betina tidak hanya umum, tetapi juga menjadi norma. Saat tidak kawin, betina ini tinggal berdekatan untuk tidur dan merawat, dan saling melindungi dari musuh atau pemangsa.

6. Bonobo

Bonobo dianggap sebagai kerabat terdekat manusia dan dikenal mencari kesenangan seksual. Mereka sering bersanggama, termasuk dengan sesama jenis. Mereka melakukannya untuk bersenang-senang tetapi juga untuk mengikat satu sama lain, menaiki tangga sosial dan mengurangi permusuhan. Sekitar dua pertiga dari aktivitas homoseksual terjadi di kalangan perempuan, tetapi laki-laki juga sering terlihat bermesraan dengan laki-laki lain dengan menikmati berguling-guling di rumput satu sama lain.

7. Elang Laut

Elang laut Layson yang bersarang di Hawaii dikenal sebagai burung yang mempraktikkan perkawinan sesama jenis. Sekitar 30 persen pasangan di Pulau Oahu terdiri dari dua wanita. Mereka monogami dan biasanya tinggal bersama seumur hidup untuk membesarkan anak bersama. Namun seringkali anak elang laut ini dibesarkan oleh pejantan yang sudah pernah bersetubuh dengan betina lain.

8. Angsa

Seperti banyak burung, angsa adalah monogami dan tinggal dengan satu pasangan selama bertahun-tahun. Banyak dari mereka memilih pasangan sesama jenis. Faktanya, sekitar 20 persen pasangan angsa berjenis kelamin sama dan mereka sering memulai keluarga bersama.

Terkadang, seekor angsa dalam pasangan jantan akan kawin dengan betina, dan kemudian mengusirnya begitu dia bertelur. Dalam kasus lain, mereka mengadopsi telur yang ditinggalkan.

Baca Juga :  4 Aplikasi Kalkulator Zakat, Tak Perlu Pusing Menghitungnya : Okezone techno

9. Domba

Studi menunjukkan bahwa hingga 8 persen domba jantan dalam kawanan lebih memilih jantan lain, bahkan ketika betina subur ada di sekitarnya. Namun, ini hanya terjadi di antara domba domestik. Studi tersebut menemukan bahwa domba yang kawin sesama jenis memiliki struktur otak yang berbeda dari domba normal dan mereka melepaskan lebih sedikit hormon seks.

10. Walrus

Walrus jantan hanya mencapai kematangan seksual pada usia 4 tahun. Sampai saat itu, mereka hampir sepenuhnya gay. Begitu mereka mencapai kedewasaan, kebanyakan jantan adalah biseksual dan kawin dengan betina selama musim kawin.

Tetapi pada saat yang sama, walrus jantan juga kawin dengan jantan lain sepanjang tahun. Ini bukan hanya kawin sesama jenis karena walrus jantan juga sering bercinta dengan berpelukan dan tidur berdekatan di dalam air.